Cara Membuat Email Menggunakan Custom Domain | Adconomic

Cara Membuat Email Menggunakan Custom Domain

Cara Membuat Email Menggunakan Custom Domain

Untuk membuat email dengan custom domain, hal yang harus disediakan diantaranya :

  1.  Domain ( Apa itu Domain ? )
  2.  Hosting ( Apa itu Hosting ? )

FYI, pada hosting yang menggunakan CPANEL, selain banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk mengelola hosting, kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat email menggunakan domain sendiri (istilah lainnya—email custom domain).

Pada tutorial kali ini saya akan memberi tahu cara pembuatan email custom domain khusus bagi pengguna HOSTING CPANEL.

cPanel adalah sebuah control panel web hosting pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar. Selain memberikan Guide User Interface untuk memudahkan pengguna, cPanel juga dilengkapi dengan perintah dalam teks dan berdasarkan API agar vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting dan pengembang untuk automasi sistem standar proses administrasinya

 

Untuk itu saya akan memberi tahu cara membuat email di cPanel ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat email dengan domain sendiri :

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah login ke cPanel lebih dulu. Caranya, ketik – http://domainanda.com/cpanel (ganti “domainanda.com” dengan nama domain Anda sendiri).
  2. Klik bagian kolom Email, dan klik menu E-Mail Accounts
  3. Isi dan lengkapi form yang tersedia

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, seharusnya Anda sudah bisa memiliki akun email menggunakan domain milik Anda sendiri.

Ya, cara ini cocok sekali bagi Anda yang ingin membuat email untuk perusahaan maupun email pribadi menggunakan domain pribadi.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *