Cara Membuat Toko Online dengan Wordpress | Adconomic

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress

 

Bagaimana cara buat toko online dengan mudah dengan menggunakan WordPress? Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan.

Siapa yang tidak pernah berbelanja secara online? Saat ini, keberadaan toko online sangat penting. Sebagian besar masyarakat modern lebih memilih untuk melakukan transaksi online dibandingkan transaksi konvensional karena dianggap lebih praktis dan hemat tenaga serta waktu. Nah, jika Anda adalah seorang pengusaha, bagaimana cara buat toko online yang sesuai untuk mengakomodasi pelanggan?

1. Membeli Hosting dan Domain

Untuk bikin toko online, Anda tentu harus memiliki sebuah platform website. Di website ini, Anda dapat meng-upload informasi produk yang ingin dipasarkan kepada para calon pelanggan. Dengan kehadiran website, para pembeli pun akan lebih mudah untuk mengakses produk serta melakukan transaksi.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk bikin toko online adalah membeli hosting dan domain dari penyedia layanan web hosting. Sesuaikan hal ini dengan kebutuhan serta eksistensi toko online Anda pada masa depan. Anda bisa melakukan pembelian domain dan hosting dengan cara klik disini. Selanjutnya, Anda bisa melakukan instalasi website, dalam hal ini menggunakan WordPress.

2. Cara Instalasi WordPress

Berikut beberapa tahap memasang WordPress untuk bikin toko online secara mudah:

  • Lakukan login ke cpanel hosting dengan menggunakan username dan password yang dikirimkan penyedia layanan kepada Anda melalui email. Link URL login cpanel adalah namadomain.com/cpanel.
  • Pada bagian Softaculous Apps Installer, klik menu WordPress, kemudian klik Install Now.
  • Pada bagian Software Setup kolom Choose Domain, pilihlah nama domain yang sebelumnya telah Anda buat.
  • Kemudian, isilah Site Name (nama toko online) dan Site Description (deskripsi toko online).
  • Langkah terakhir adalah memasukkan username dan password baru yang akan digunakan untuk melakukan login ke dashboard Username dan password inilah yang akan dipakai selanjutnya untuk mengakses website. Setelah itu, klik tombol Install.

Anda akan mendapatkan URL website dan URL untuk melakukan login ke dashboard WordPress. Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkan plugin WooCommerce untuk mendapatkan fitur lengkap sebagai toko online. Jika ingin lebih praktis, manfaatkan jasa buat toko online untuk melakukan langkah-langkah ini. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus pada strategi bisnis daripada hal-hal teknis. Semoga bermanfaat!

Share this post

Leave a Reply