4 Langkah Mudah Cara Membuat Website dengan WordPress

4 Langkah Mudah Cara Membuat Website dengan WordPress

jasa pembuatan website toko online jasa pembuatan website toko online profesional jasa pembuatan toko online jasa pembuatan toko online murah jasa pembuatan toko online profesional jasa pembuatan website toko online murah jasa pembuatan toko online wordpress jasa web terbaik jasa pembuatan website toko online murah jasa pembuatan toko online gratis jasa pembuatan website toko online gratis jasa pembuatan toko online murah dan lengkap jasa pembuatan toko online terpercaya Jasa Pembuatan Website custom jasa pembuatan website toko online terbaik jasa pembuatan website terbaik jasa pembuatan website

Sepuluh atau lima belas tahun lalu, membangun website merupakan keahlian yang jarang dimiliki. Namun, kondisi tersebut jauh berbeda dengan situasi sekarang. Saat ini, Anda dapat menemukan cara membuat website dalam hitungan menit. Bahkan, proses pembuatan website dapat dilakukan siapa saja tanpa memerlukan kemampuan bahasa pemrograman.

Website yang dibangun dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Anda bisa memakainya sebagai blog pribadi, toko online, company profile, dan sebagainya. Anda dapat memilih untuk membangun website tersebut sendiri atau memanfaatkan deretan penyedia jasa pembuatan website murah.

Kalau Anda memilih untuk membangun website sendiri, hanya ada 4 tahapan yang perlu dijalankan, yaitu sebagai berikut:
  1. Memilih platform CMS

Langkah pertama dalam cara membuat website dengan mudah untuk pemula adalah memilih content management systems (CMS) yang digunakan. Pemakaian CMS sangat penting karena bisa membuat proses pembuatan website jadi lebih praktis. Pilihan CMS yang bisa digunakan beragam, di antaranya adalah Joomla, WordPress, Drupal, dan lain-lain.

Dari sekian banyak pilihan CMS, WordPress menjadi opsi terbaik untuk pemula. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memakai WordPress, mulai dari tampilan yang user friendly, tampilan website yang responsif, mobile friendly, serta dukungan komunitas yang sangat besar. Tak heran kalau saat ini WordPress menjadi CMS terpopuler dunia.

  1. Sewa domain dan hosting

Anda memang bisa membangun website secara gratis lewat fasilitas yang diberikan oleh WordPress. Hanya saja, Anda bakal memiliki banyak keterbatasan, seperti nama website yang terlihat tidak profesional, fitur terbatas, kecepatan yang lambat, ataupun tampilan yang membosankan.

Nama domain dan hosting bisa Anda dapatkan secara bersamaan. Apalagi, banyak penyedia layanan hosting yang menyediakan fasilitas domain dan hosting. Pilihan layanan hosting yang bisa dipilih cukup banyak. Sebagai rekomendasi, Anda dapat memanfaatkan layanan dari adconomic.com

Di Adcononomic.com, Anda dapat menemukan pilihan paket hosting yang murah. Anda bisa memilih paket yang termurah yakni Paket Extra dengan harga hanya Rp15 ribu per bulan ataupun lainnya. Setelah memilih paket yang sesuai, Anda perlu memasukkan nama domain dengan mengecek di belidomain.adconomic.com

  1. Mengatur tampilan website

Registrasi akun di Adconomic sudah Anda lakukan, jangan lupa untuk konfirmasi pembayaran. Ketika Anda sudah membayar tagihan untuk penggunaan layanan hosting dan domain, tahap selanjutnya adalah mengatur tampilan website. Untuk itu, Anda perlu menginstal WordPress terlebih dulu.

Pada halaman member hosting, Anda bisa menemukan fasilitas yang memungkinkan instalasi WordPress secara otomatis lewat fitur auto installer. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengatur nama akun, email, dan password WordPress, serta bahasa pengantar.

Ketika pengaturan sudah dilakukan, Anda dapat mulai mendesain tampilan situs WordPress. Lagi-lagi ada cara mudah yang dapat Anda pilih, yakni dengan menggunakan theme. Anda bisa menemukan theme yang gratis ataupun berbayar lewat dashboard akun WordPress. Jangan lupa untuk menambahkan halaman serta plugin sesuai kebutuhan.

  1. Publikasikan konten pertama di website

Saat tampilan website sudah selesai, maka Anda dapat mulai mepublikasikan konten. Caranya adalah dengan menuju ke tulisan “Add New” atau “Tambah Baru”. Selanjutnya, Anda akan menemukan kolom teks editor. Masukkan konten di sana, baik berupa tulisan, gambar, atau video. Ketika selesai, konten dapat dipublikasikan dengan menekan tombol “Publish” atau “Terbitkan”.

 

Baca juga artikel lainnya : Cara Mudah Membuat Website Gratis untuk Pemula

Share this post

Leave a Reply