Cara Menggunakan WeChat untuk Bisnis: Panduan untuk Pemasaran | Adconomic

Cara Menggunakan WeChat untuk Bisnis: Panduan untuk Pemasaran

Cara Menggunakan WeChat untuk Bisnis: Panduan untuk Pemasaran

Negara Cina menggunakan layanannya adalah WeChat. Dengan rata-rata 570 juta pengguna masuk ke WeChat setiap hari dan menggunakan beberapa fungsi layanan sepanjang hari (60% pengguna membuka aplikasi lebih dari 10 kali per hari), pemasaran WeChat menawarkan cara yang hebat untuk terhubung dengan konsumen.

Apa itu weChat
WeChat adalah, pada intinya, aplikasi perpesanan, tapi itu benar-benar hanya sebagian kecil dari apa yang layanan bisa dilakukan. Jika juga menawarkan fungsi jejaring sosial yang lebih tradisional seperti video dan picture sharing, game, stiker, dan kemampuan untuk berbagi dan terhubung dengan teman melalui WeChat Moments.

Tapi ini juga merupakan platform perdagangan sosial, memasukkan Toko WeChat untuk belanja online dan WeChat Pay dan Wallet WeChat untuk pembayaran ke vendor online dan bata dan mortir. Bahkan menawarkan fungsi profesional seperti pelacakan biaya. Ini bisa digunakan untuk memesan taksi, penerbangan, atau janji dokter. Ini seperti Facebook, Skype, Slack, Amazon, PayPal, dan Apple Wallet yang semuanya digulung menjadi satu. Tidak heran itu adalah aplikasi mobile China yang paling populer.

Di sini, penting untuk berbagi peringatan tentang pemasaran WeChat: WeChat tersedia di seluruh dunia, namun sebagian besar pengguna – hingga 90 persen oleh beberapa perkiraan – ada di China. Dan untuk memasarkan ke pengguna China WeChat Daratan, Anda perlu memiliki kehadiran bisnis yang terdaftar di Daratan China.

Cara menggunakan WeChat untuk bisnis
Mari kita mulai dengan melihat tiga jenis akun bisnis WeChat: akun berlangganan, akun layanan, dan akun perusahaan. Mereka semua termasuk dalam kategori Official Accounts, yang tersedia bagi selebriti, media, organisasi pemerintah, dan bisnis. Akun langganan menawarkan lebih banyak pesan, namun akun layanan menawarkan fungsionalitas yang lebih kuat. Akun perusahaan terutama untuk manajemen organisasi dan bukan kepentingan utama pemasar.

Akun langganan     : Izinkan satu pesan siaran per hari ke pelanggan; pesan muncul di folder akun langganan.
Akun layanan          : Izinkan hingga empat pesan siaran per bulan; pesan muncul dalam daftar teman.

Akun terverifikasi : memiliki akses ke sembilan API lanjutan dan dapat mengajukan permohonan untuk WeChat
Akun perusahaan  : Menawarkan pesan dan alat bisnis namun hanya tersedia di China Daratan.

 

Bagaimana mengajukan permohonan untuk Akun Resmi WeChat
Langkah-langkah ini berlaku untuk Platform Pasar Internasional. Jika Anda memiliki bisnis yang berbasis di China, Anda dapat mengakses pasar China dengan menggunakan Platform Pasar China Daratan.

  • Kumpulkan semua informasi yang dibutuhkan, termasuk lisensi bisnis dan kartu identitas pribadi Anda. Sebaiknya periksa daftar bahan yang dibutuhkan sebelum memulai.
  • Pergi ke halaman registrasi resmi dan kirimkan lamaran anda.
  • Diperlukan waktu dua minggu agar akun Anda ditinjau. Sementara Anda menunggu, Anda dapat memeriksa status aplikasi Anda menggunakan email aplikasi dan nomor aplikasi Anda.

Cara menyiapkan profil akun bisnis WeChat Anda
Setelah akun Anda disetujui, Anda mendapatkan akses ke Platform Admin Akun Resmi, konsol tempat Anda dapat berinteraksi dengan pengguna WeChat, menjalankan kampanye pemasaran WeChat, dan melacak hasil Anda.

Untuk mengatur profil Anda, gulir ke bawah ke bagian bawah halaman untuk mengakses tab Settings dari menu sebelah kiri. Di layar ini, Anda dapat memilih foto profil Anda, membuat kode QR, memilih wilayah Anda, dan menambahkan deskripsi perusahaan Anda (yang disebut WeChat sebagai ‘perkenalan’).

Ingatlah bahwa Anda dapat mengubah gambar dan pengenalan profil Anda maksimal lima kali per bulan, jadi Anda ingin memastikan bahwa teks dan foto Anda telah diedit dengan benar sebelum Anda menyimpannya di sistem.

  • Cara menggunakan WeChat untuk pemasaran
    Banyak fungsi WeChat memberi merek beberapa cara untuk berinteraksi dan terlibat dengan pelanggan. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana memanfaatkan fungsionalitas WeChat berdasarkan merek yang telah menggunakan pemasaran WeChat untuk efek yang hebat.
  • Pemasaran berbasis lokasi
    Karena Akun Layanan Resmi WeChat dapat mendeteksi lokasi pengguna, sangat cocok untuk pemasaran berbasis lokasi.OrderIn, sebuah perusahaan jasa pengiriman makanan di Afrika Selatan, menggunakan WeChat untuk menunjukkan kepada pelanggan daftar restoran lokal berdasarkan lokasi mereka saat ini atau alamat jalan tertentu. Pelanggan dapat menjelajah menu, memesan, dan bahkan membayar makanan, semua ada di dalam aplikasi WeChat. Begitu restoran menerima pesanan, staf mengkonfirmasi melalui aplikasi WeChat saat pelanggan harus mengharapkan pengiriman. Ini adalah pengalaman pemesanan tanpa batas yang tidak mengharuskan pelanggan untuk mengangkat telepon atau mengeluarkan uang tunai atau kartu kredit mereka.
  • Personalisasi konten curation dan content marketing
    Publikasi nama besar seperti The New York Times, Wall Street Journal, Huffington Post, dan Vogue sedang menciptakan Akun Resmi WeChat untuk mendorong konten harian ke pelanggan WeChat.
  • Keterlibatan pelanggan
    Dalam kampanye Hari Valentine, Tiffany & Co menggunakan posting WeChat untuk meminta pengikut tentang arti cinta dengan berbagi ungkapan “Love Is …” Kampanye ini mendorong keterlibatan pengguna dengan merek Tiffany saat memposisikan perhiasan Tiffany sebagai hadiah yang sesuai. untuk yang kamu cintai Sementara mereka sudah memikirkan tentang cinta, WeChatters bisa menggunakan alat di dalam Akun Pejabat Tiffany & Co. WeChat untuk menemukan cincin pertunangan yang ideal, lalu gunakan pencari lokasi untuk melihat ke mana mereka bisa membelinya.
  • Berkreasi dengan kode QR
    WeChat secara otomatis membuat kode QR untuk setiap Akun Resmi. Aplikasi ini juga menyertakan pemindai kode QR, yang memungkinkan merek untuk berkreasi dengan kode QR baik di dalam maupun di luar aplikasi.Di Korea, toko rantai diskon E-Mart menciptakan patung tiga dimensi yang menunjukkan kode QR dalam bayangan saat cahaya menerobosnya pada sudut yang tepat. Karena makan siang adalah waktu kunci untuk belanja online, saat itulah kode QR akan muncul. Memindai kode membawa pengguna ke Akun Resmi E-Mart WeChat, meningkatkan pengikut dan penjualan. Tapi mungkin penggunaan kode QR yang paling menarik adalah dengan Stuff Magazine di Afrika Selatan. Produk di majalah ini cocok dengan kode QR. Memindai kode-kode tersebut menggunakan WeChat membawa pembaca langsung ke Wallet WeChat mereka, di mana mereka dapat memesan produk dengan beberapa klik dan dengan harga diskon.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *