MEA BUKAN JADI HALANGAN

MEA BUKAN JADI HALANGAN

Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 sebentar lagi ,namun  masih banyak masyarakat kita masih belum aware tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN . Di Masyarakat Ekonomi ASEAN atau biasa disingkat MEA ini akan terjadi pasar bebas di kawasan ASEAN. Dengan adanya pasar bebas ini produk indonesia akan mempunyai saingan dengan produk negara ASEAN lainnya. Hal ini jangan dijadikan sebagai bumerang buat produk kita melainkan ini harus menjadi motivasi kita,khususnya untuk para Penhsaha UKM. Karena dengan adanya pasar bebas ini produk kita bisa dikenal oleh negara lain, dan juga dengan adanya pasar bebas ini para pengusaha UKM menjadi termotivasi untuk bersaing dengan produk luar dan membuktikan bahwa produk lokal lebih baik dengan produk negara ASEAN lainnya.

Namun ada beberapa yang harus diperhatikam untuk pengusaha UKM dalam menghadaip MEA 2015 :

  1. Mental

Ini yang sebenarnya harus disiapkan terlebih dahulu,sudah siapkah kita menghadapi  Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015? Apabila dari mental kita saja sudah tidak siap menghadapi Masyrakat Ekonomi ASEAN maka kita tidak akan mampu bersaing dengan produk produk asing, tapi jika kita mempunyai mental siap untuk menghadapi

  1. Kualitas Produk

Dalam mengahdapi MEA sudah menjadi hal yang wajib bagi kita untuk membuat kualitas yang baik agar tidak tenggelam oleh produk – produk asing. Yaitu bisa membuat sebuah produk yang unik dan khas yang berbeda dengan produk asing . Itu akan membantu nilai jual sebuah produk.

  1. Memanfaatkan Teknologi Informasi

Selain kualitas produk pihak pengusaha UKM juga harus mengetahui teknologi informasi untuk mengembangkan usaha kita agar cepat maju. Karena sekarang sudah jamannya digital, dari mencari info produk  dan transaksi jual beli bisa diakses melalui internet. Di samping itu sudah banyak masyarakat yang menggunakan smartphone. Ini bisa dapat dijadikan peluang untuk Pelaku Usaha UKM untuk menjual produknya lewat online.

Karena itulah sudah waktunya kita untuk berbenah dan sudah menyiapkan untuk menghadapi MEA 2015 nanti. Jangan jadikan MEA sebagai ancaman tapi ini adalah sebuah tantangan untuk menjadikan MEA sebagai peluang memperkenalkan produk lokal ke negara asing dan menjadikan produk kita lebih unggul dari produk negara ASEAN lainny.

Dan semoga dari sini akan timbul pengusaha – pengusaha muda yang akan menjadi pahlawan ekonomi di negeri ini..

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *