Perbedaan SEO dan Google Adwords | Adconomic

Perbedaan SEO dan Google Adwords

Perbedaan SEO dan Google Adwords

Ketika Google pertama kali menerapkan Page ranks untuk mengatur peringkat dalam mesin pencari mereka, banyak webmaster yang berusaha dan berlomba untuk menjadi peringkat satu di halaman pertama Google. Dan ketika Google membuat program iklan berbayar, banyak webmaster yang juga berlomba untuk ada di tampilan halaman pertama Google.

Dalam penggunaannya, Google Adwords dan SEO sebenarnya mempunyai suatu kolaborasi yang jika anda pahami dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik yang besar. Jika kita buat suatu perbandingan, perbedaan Google Adwords dan SEO bisa dikatakan dimana Google Adwords adalah layanan yang berbayar sedangkan SEO adalah layanan yang dioptimasi secara organik.

Artinya, dengan SEO Anda seharusnya tidak perlu mengeluarkan dana untuk kegiatan memaksimalkan trafik Anda. Nah! pertanyaannya adalah bagaimana memaksimalkan keduanya.

Kita tentu tahu, baik Google Adwords dan SEO dapat mendatangkan trafik melalui mesin pencarian seperti Google. Oleh karena itu, kedua ini dapat difungsikan dengan maksimal dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah, Jika SEO dengan kata kunci tertentu menghasilkan result di SERP yang terbaik (pada halaman 1 dan pencarian teratas), maka Anda perlu melakukan pengurangan BID pada Google Adwords Anda. Namun, apakah itu wajib? Tidak juga, beberapa kompetitor yang kita ketahui tentunya bisa saja mendatangkan dari fasilitas Adwords, namun setidaknya dengan keunggulan SEO yang kita dapatkan disini setidaknya dapat mengurangi pengeluaran keuangan bisnis Kita.

Maksimalkan Google Adwords dengan kata kunci yang unpredictable, artinya kata kunci yang jarang digunakan kompetitor namun terbukti efektif dan relevan untuk bisnis kita.

Pola kerja Google Adwords:

  1. Menggunakan sistem PPC (pay per click)
  2. Anda tidak perlu membayar ke Google, jika tidak ada yang meng-klik iklan anda.
  3. Pembayaran menggunakan kartu kredit.
  4. Sama seperti SEO, anda membayar untuk muncul di keyword tertentu.
  5. Harga tiap keyword berbeda tergantung jumlah pencarian bulanan para pengguna internet   dan tingkat persaingan nya.
  6. Bersifat sementara selama anda membayar.

Pola Kerja SEO:

  1. Membuat website dengan konten yang sudah mengandung beberapa keywords.
  2. Page rank adalah salah satu penentu peringkat website anda.
  3. Bersifat (hampir) selamanya.
  4. Konten yang ter-update dan berkualitas akan disukai Google.
  5. Tingkat persaingan hampir selalu tinggi untuk beberapa keywords.

Stratergi Marketing Yang Membedakan SEO dan Adwords

Hal awal terpenting sebuah bisnis meliputi strategi marketing yang tepat. Memang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, maka dari itu pemilihan keduanya didasarkan dengan pertimbangan. SEO ataupun adwords merupakan salah satu sistem untuk peningkatan rating yang akan diberikan oleh search engine google. Keduanya sama sekali berbeda, karena SEO menggunakan cara menaikkan traffic web dengan keyword untuk website, jasa optimasi website memberikan penanganan khusus pada kegunaan kata kunci website lebih optimal.

Berbeda dengan adwords, pengerjaan adwords meliputi iklan yang didapat pada saat mengetikan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis online yang anda jalankan. Iklan muncul pada sisi atas mesin pencari, dan ketika iklan tersebut diklik, otomatis akan mengarah pada website yang di adwords tersebut. Setiap klik yang dilakukan visitor, harus dibayar oleh pengiklan.

Tata cara pemasaran keduanya tentu saja berbeda sistemnya. Adwords memang langsung memberikan halaman teratas saat kata kunci dicari pada search engine, namun bukan karena rating sebuah website yang berada pada tingkatan teratas, melainkan iklan adwords websitenya. Jasa SEO profesional memberikan bukti nyata pada peningkatan rating yang membuat website melambung pada halaman teratas.

Biaya dan Masa Tayang Iklan Yang Membedakan SEO dan Adwords

Iklan Adwords sistemnya lelang Pay-Per-Click. Jadi biayanya tergantung dari jumlah dan harga per kliknya. Tapi iklan Adwords bisa dibatasi dengan budget harian, supaya biaya yang dibayarkan tidak melebihi anggaran anda.

Biaya SEO tergantung pada kompetisi (tingkat persaingan) dari kata kuncinya. Semakin kompetitif kata kunci yang ditarget, makin tinggi tingkat kesulitannya, otomatis makin tinggi pula biayanya. Hindari memilih kata kunci yang terlalu umum, karena biasanya tingkat persaingannya terlalu tinggi.

Dengan Adwords bila budget iklan anda sudah habis maka iklan akan berhenti ditayangkan. Sedangkan listing organik (dengan SEO) maka website anda akan tetap tampil di hasil pencarian Google (dengan catatan SEO tetap dijaga dan tidak ada perubahan algoritma Google yang signifikan).

Semoga perbandingan diatas bisa membantu anda memutuskan mana yang terbaik untuk promosi website anda.
Tim profesional kami siap membantu anda untuk meningkatkan bisnis anda melalui promosi yang tepat secara online.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *