Pertumbuhan perekonomian RI Kuartal I 2015

Pertumbuhan perekonomian RI Kuartal I 2015

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik ( BPS), Suryamin bahawa pertumbuhan ekonomi indonesiasepanjang kuartal I 2015 tumbuh 4,71% . Dan ini  adalah beberapa sektor yang mendorong perekonomian di indonesia Yang pertama adalah sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yang tumbuh 14,63 %. Ini disebabkan karena hasil panen.

Selain itu, industri informasi dan komunikasi tumbuh 3,06%. Pertumbuhan ini diakibatkan karena semakin banyaknya pengguna telepon seluler dan makin banyaknya pengguna internet,yang kita ketahui masyarkat kita yang paling banyak menggunakan smartphone seperti melakukan belanja online serta banyak bermunculan e-commerce di Indonesia.

Dan yang ketiga banyaknya iklan dan lain lain juga mempengaruhi pertumbuhan di sektor jasa perusahaan sebesar 2,24 % .

“Untuk sektor jasa keuangan dan asuransi tumbuh 7,57%, dengan porsi 4,04% terhadap PDB,” jelas Suryamin.

Sementara dalam setahun ini, sektor yang pertumbuhannya paling tinggi adalah informasi dan komunikasi sebesar 10,53%.

Namun ada sektor yang mengalami minus peertumbuhannya adalah sektor pertambangan dikarenakan turunnya harga komoditas sehingga mempengaruhi turunnya pada sektor tersebut

Dari semua sektor secara keseluruhan perekonomian mengalami pertumbuhan kecuali sektor pertambangan yang mengalami penurunan 2,32%.

Dari keadaan ini mungkin kita bisa melihat bahwa sektor informasi dan komunikasi bisa dijadikan peuang usaha dikarenakan pertumbuhannya yang tinggi.

Walaupun ada pertumbuhan di beberapa sektor  sebenarnya angka ini turun 0,5 persen dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada periode yang sama tahun lalu yang mencapai 5,21 %.

Suryamin mengatakan ada tiga penyebab utama perlambatan  ekonomi pada kuartal I 2015 ini :

1. Perlambatan ekonomi yang juga dialami negara mitra dagang utama Indonesia
2. Melemahnya harga minyak dunia yang dinilai juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi
3. Kinerja ekspor dan impor yang turun pada kuartal I 2015.

Jelas ini menjadi Pekerjaan Rumah kita bersama untuk membangun pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Semoga dengan bertumbuhnya UMKM dapat menumbuhkan perekonomian RI.

 

Sumber : detik.com , tempo.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *