Potensi Kopi Lokal ke luar Negeri

Potensi Kopi Lokal ke luar Negeri

Siapa yang tidak pernah minum kopi ,hampir semua masyarakat indonesia pasti pernah minum minuman yang berwarna hitam ini. Walaupuun berwarna hitam yang konotasinya adalah warna yang ternyata manfaat dan rasa tak seburuk tampilannya . Bahkan ada kabar baik mengenai kopi di tanah air.

Bulgaria negara yang berada di kawasan Eropa ternyata  sangat menyukai kopi asal indonesia. Mengapa? Mungkin ini yang menjadi pertanyaan.

Ternyata yang membuat kopi tanah air diminati di bulgaria karena rasanya yang enak dan khas atau berbeda dengan kopi kebanyakan di Bulgaria.

“Kopi Indonesia sangat enak dan taste (rasa, red) nya berbeda dengan produk serupa di Bulgaria,” kata salah satu pengusaha Bulgaria kepada importir kopi asal Tanah Air yang menetap di Bremen, Jerman, Tati Buesing-Kock.

Dari pernyataan di atas ini bisa menjadi peluang untuk para petani kopi dan para pengusaha UKM untuk melihat potensi kopi diminati oleh orang asing. Pengusaha UKM yang menjual kopi lokal juga bisa mengekspor produknya. Dan bukan tidak mungkin juga ketika kita membuat usaha yang menjual produk kopi ,konsumen kita adalah orang asing.

Sudah saatnya kita mengekspor , bukan lagi dijajah oleh produk Impor.

 

Sumber : bisnis.com

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *