Samsung “Bermain” di Film Jurassic World

Samsung “Bermain” di Film Jurassic World

Sudah ada yang  menonton film Jurassic World? Film garapan  sutradara Colin Trevorow yang menceritakan tentang dunia dinosaurus  ini berhasil menjadi tiga besar film berpendapatan tertinggi dalam sehari paska dirilis, atau mencapai US$ 82,8 juta, mengungguli Avengers dan The Dark  Knight.

Film ini setidaknya membuat kita reuni terhadap film sebelumnya yaitu Jurassic Park. Dengan usaha pemasaran yang kuat film ini menjadi film yang paling ditunggu-tunggu pada tahun ini. Salah satu pemasarannya adalah trailer yang dibuuat sebelum film ini diluncurkan diantaranya seperti ini  :

 

Video ini berbeda dengan tariler – trailer film pada umumnya, trailer ini menceritakan  sebuah perusahaan teknologi bernama INGen yang menciptakan dinosaurus dari hasil persilangan DNA hewan – hewan . Trailer ini dibuat seperti company profile perusahaan yang memberikan penjelasan bagaimana proses terciptanya dinosaurus. Mungkin untuk orang yang belum tau cerita tentang sekuel jurassic park ini akan menyangka bahwa perusahaan ini memang benar nyata.  Jelas ini adalah bagian dari  salah satu strategi pemasaran untuk menggebrak film ini untuk menciptakan sesuatu yang viral.

Selain trailernya juga, apabila Kawan ADco sudah menonton filmnya  ada terdapat beberapa brand ternama muncul di film ini seperti Samsung ,Marcedes Benz, Coca Cola , dan masih banyak lagi.   Sebagai sebuah film bebudget tinggi (senilai US$ 95 juta), film ini tak lepas dari campur tangan marketer dalam menyusun product placement, alias menyisipkan sebuah produk komersial yang nyata dalam sebuah media fiksi yaitu melalui sebuah film.

Ada brand yang  paling menonjol di film ini yaitu  brand Samsung . Sebagai sponsor utama, Samsung tampil lewat The Samsung Innovation Center, sebuah gedung utama yang terletak di Main Street Jurassic World. Selain itu, seluruh televisi atau layar LCD yang ada dalam film ini seluruhnya bermerek Samsung. Ini memberi kesan kepada kita bahwa Samsung merupakan merek dengan teknologi yang tinggi dan inovatif.

Innovation-center_gallery1

Yang jelas dengan adanya film Jurassic World ini membuat para pemasar tergiur. Mengapa? karena film memiliki audiens yang sangat besar , selain itu film juga dinilai efektif dalam menimbulkan brand awarness , karena merk akan terpampang lama dalam sebuah film. Apalgi film ini nanti akan ada dalam bentuk VCD/DVD sehing audiens akan melihat merk – merk dengan jangka waktu yang relatif lama sehingga akan menimbulkan brand awareness yang lebih.

Waah, film Jurassic World menjadi magnet tersendiri ya buat para pemasar, wajar kalau film ini pendapatannya melebihi film The Avengers dan The Dark Knight.

 

Sumber : Marketeer.com

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *