Siapkah website anda menerima algoritma baru mesin pencarian Google?

#MobileGeddon

Siapkah website anda menerima algoritma baru mesin pencarian Google?

Tanggal 21 April 2015 Google membuat pernyataan melalui Webmaster Central Blog bahwa mereka secara global meluncurkan algoritma baru mengenai hasil mesin pencarian Google pada perangkat mobile yang bernama #MobileGeddon yang sebelumnya mereka mengeluarkan Google Panda, Google Penguin, dan yang terakhir Google HummingBird, Kali ini kita bahas dulu Algoritma terbaru mereka yakni #MobileGeddon.

Sesuai namanya, “MobileGeddon” adalah Algoritma baru yang akan mendahulukan website dengan desain mobile friendly, Sehingga mempengaruhi Pencarian mobile dalam semua bahasa di seluruh  dunia  dan akan memiliki pengaruh signifikan di hasil pencarian Google, Mengingat sekarang ini angka pengguna Smartphone/Mobile lebih banyak dibandingkan dengan pengguna Komputer/Dekstop dengan demikian angka penelusuran di mesin pencarian Google lebih meningkat apa lagi di masa yang akan datang, Itulah salah satu alasan google meluncurkan Algoritma barunya.

Agar pencari yang menggunakan perangkat mobile lebih mudah menemukan hasil yang berkualitas  dan hasil yang relevan di mana teks dapat di baca tanpa mencubit layar, geser kiri kanan dan zooming, lalu bagaimana cara menghadapi atau mengetahui website anda sudah Mobile Friendly atau belum.

Menghadapi Algoritma Baru Google MobileGeddon

Jika anda ingin website anda banyak pengunjung atau bahkan kehilangan pengunjung potensial anda, terutama pengunjung yang menggunakan smartphone/mobile maka website anda harus menggunakan template responsive. Sekarang yang jadi pertanyaan pastinya bagaimana cara mengetahui website atau blog anda dikatakan mobile friendly? sesuai algoritma MobileGeddon tersebut. Ternyata google sudah menyediakan Tools untuk menguji website atau blog anda terlah resfonsive atau belum yaitu Mobile-Friendly Tes (Webmaster Tools). Untuk menguji Website atau Blog anda silahkan kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ lalu ketikan Url Website anda maka akan muncul hasil seperti di bawah, jika muncul seperti pada gambar berarti website anda telah responsive.

responsive

Adapun jika Website atau Blog yang belum Mobile Friendly maka akan muncul gambar seperti di bawah ini

responsive2

Lalu bagaimana cara mengatasi website anda jika tidak mobile friendly, maka website anda harus segera merubah tampilan atau template yang digunakan menjadi template responsive. agar website anda terlihat menarik jika di akses di berbagai perangkat, baik menggunakan Komputer/Dekstop atau bahkan di akses dari smartphone/mobile. jika menggunakan template responsive website anda akan beradaptasi dengan layar pengunjung.

pada intinya algoritma #MobileGeddon ini terletak pada template atau tema yang di gunakan pada website anda, dengan menggunakan template responsive websie anda sudah mobile friendly.

dengan langkah langkah di atas anda sudah dapat mengetahui dan mengatasi algoritma baru yang bernama MobileGeddon.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *