Contoh Content Marketing

Dalam dunia digital marketing istilah content marketing atau strategi pemasaran melalui konten memegang peranan sangat penting. Strategi dan faham contoh content marketing yang dapat diterapkan oleh berbagai usaha dengan jenis dan skala berbeda-beda dengan adanya content marketing Anda memiliki kesempatan untuk berhasil yang cukup tinggi serta hemat biaya, tidak heran strategi ini dapat membantu meningkatkan performa suatu bisnis.

Tujuan serta pentingnya content marketing bagi sebuah bisnis karena terbukti efektif, banyak pengusaha dari berbagai bidang dan skala menggunakan strategi konten marketing. Tidak hanya sekedar efektif alasan dan tujuan dari menjalankan strategi content marketing dan faham yaitu untuk meningkatkan brand awareness. Jika kamu baru merintis usaha, brand awareness penting untuk mengenalkan brand pada target konsumen dan menjadikan mereka pelanggan sekaligus meningkatkan konversi dan revenue. Itu sebabnya konten marketing sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness khususnya bagi bisnis baru.

Setelah tahu pengertian content marketing, saat ini Anda mungkin sudah punya sedikit gambaran tentangnya. Berikut contoh content marketing dan penerapannya, contoh content marketing dan penerapannya yaitu.

Contoh Content Marketing di Website

Contoh content marketing menggunakan website ini umumnya menggunakan copywriting atau teks pemasaran. Seperti yang Anda tahu, website biasanya menjadi jembatan pertama antara bisnis Anda dengan para pelanggan di internet. Anda harus memiliki website agar pelanggan bisa menjangkau bisnis Anda dari mana saja. Kalau belum punya website, jangan khawatir, karena ada banyak sekali panduan mudah tentang cara membuat website. Contoh content marketing di website. Website juga umumnya menggunakan halaman statis, yang biasanya tidak terlalu sering berubah. Oleh karena itu, penggunaan copywriting yang asyik dan menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama menjelajahi website Anda.

Contoh Content Marketing dengan Menulis Konten Marketing di Blog

Contoh content marketing berbeda dengan website, menulis konten marketing di blog bisa Anda lakukan dengan lebih bebas. Anda juga bisa memperbaruinya setiap saat, atau memposting artikel pemasaran konten setiap hari. Kalau tadi Anda menggunakan copywriting di website, lain halnya dengan tulisan yang Anda buat di blog. Contoh content marketing di blog sebagai media pemasaran konten ini, Anda bisa menulis artikel yang lebih panjang lebar dan jelas, misalnya untuk mendeskripsikan produk, lalu menambahkan pesan ajakan kepada pembaca untuk membeli produk Anda. Silakan lihat panduan kami mengenai cara menulis blog yang menarik.

Contoh Content Marketing dengan Video

Contoh content marketing dengan video juga merupakan konten yang bisa Anda manfaatkan untuk content marketing. Anda bisa mengunggahnya di berbagai platform yang memiliki banyak audiens, seperti dengan promosi bisnis di TikTok, YouTube, atau Instagram. Pastikan Anda membuat konten yang sesuai dengan ketentuan setiap platform. Di TikTok atau Instagram, misalnya, cukup unggah video singkat dengan format portrait dan kualitas yang bagus, karena kedua platform ini merupakan platform mobile yang tidak memiliki tampilan landscape. Lain halnya dengan YouTube, Anda bisa mengunggah video yang lebih panjang dengan format landscape.

Contoh Content Marketing dengan Menyusun E-book

Berikutnya, contoh content marketing yang bisa Anda coba adalah dengan menyusun e-book. Anda bisa menulis panduan atau tutorial, lalu mengunggahnya di website Anda atau mempromosikannya melalui email marketing yang dikirimkan kepada subscriber.

Contoh Content Marketing dengan Mendesain Infografik yang Menarik

Selain tulisan dan video contoh content marketing lainnya, Anda bisa memanfaatkan infografik sebagai strategi content marketing yang akan turut mengembangkan bisnis Anda. Saat ini, konten-konten berupa audio dan visual sedang banyak sekali diminati user, khususnya di Indonesia. Nah, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat konten marketing berupa infografik.

Contoh content marketing melalui infografis Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis guna mengunggah infografik yang menarik untuk pemasaran konten, misalnya di Instagram atau Twitter, salah satu contoh media yang sangat berhasil dengan infografik di Instagram adalah tirto.id, yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga user merasa tertarik untuk menyimaknya, dan pada akhirnya membuka website mereka

Contoh content marketing dengan membuat Podcast di Platform Streaming

Contoh content marketing dengan platform streaming berlangganan meningkatkan minat masyarakat akan konten digital seperti film dan lagu. Bahkan, beberapa platform streaming lagu juga menyediakan ruang untuk podcast bagi para content creator yang senang berbagi cerita melalui suara.a

Contoh Content Marketing dengan partnership atau Influencer

Strategi dari contoh content marketing yang satu ini merupakan gabungan dari semua hal di atas. Anda bisa menggunakan copywriting, audio, video, maupun artikel blog, tapi yang membedakannya adalah, konten tersebut digunakan untuk partnership dengan influencer.

Namun, ada satu hal yang harus Anda ingat. Meskipun influencer yang Anda ajak bekerja sama sudah punya pengaruh kuat, kalau kualitas content marketing Anda tidak dimaksimalkan, kecil kemungkinan konten Anda akan memberikan impact yang signifikan.

Kesimpulan nya seperti yang Anda tahu, saat ini digital marketing adalah salah satu cara ampuh untuk mengembangkan bisnis. Dari sekian banyak strateginya, content marketing adalah yang paling utama dan mendasar. Alasannya, karena pada dasarnya setiap materi pemasaran pasti membutuhkan konten. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Share this post

Leave a Reply