Optimasi Google My Business Untuk UKM

Optimasi Google My Business Untuk UKM

Pentingnya Optimasi Google My Business

Banyak orang belum menyadari bahwa bisnis UKM seperti cafe atau resto dan juga penyedia jasa seperti bengkel service motor memiliki peluang yang besar jika melakukan search engine optimization (SEO). Tidak seperti perusahaan besar yang perlu bersaing secara nasional bahkan global untuk menjadi nomor 1 di setiap kata kunci yang paling relevan, UKM cukup dengan menggunakan Google My Business saja dapat menjangkau calon pelanggan terdekat di daerahnya masing masing, sesuatu yang sangat menguntungkan bagi kamu pemilik bisnis UKM untuk mendapatkan pelanggan tanpa harus mengeluarkan budget promosi.

Jadi Apa Itu Google My Business?

Google My Business adalah sebuah fitur dari Google yang bertujuan untuk mempermudah pengguna untuk mencari informasi tentang bisnis yang berada paling dekat dengannya, misalnya ketika seseorang mencari coffe shop di google, maka akan muncul list nama nama coffee shop terdekat, beserta jaraknya, alamat atau lokasi, jam operasional, nomor telepon, foto dari pengunjung, dan ulasan atau rating dari pengunjung. Memanfaatkan Google My Business untuk UKM sebagai salah satu strategi digital marketing sangatlah bagus karena dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan, khususnya yang berada di dekat lokasi usaha. Karena ketika orang ingin menemukan apa yang mereka cari sesegera mungkin mereka akan cenderung mengklik yang terdekat dengan dirinya.

Dan tahukah anda, menurut Google Consumer Insights, ada peningkatan sebanyak 900% penelusuran menggunakan kata kunci “di dekat saya” dan “terdekat” dari 2013 hingga 2017. Hal ini membuktikan betapa besarnya peluang yang dapat anda manfaatkan strategi marketing menggunakan Google My Business tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan mengeluarkan banyak uang, karena semuanya dapat anda gunakan dengan mudah, efektif, dan tentunya gratis!

Selain itu kebanyakan orang ketika sedang mencari sebuah tempat atau sebelum mengunjunginya, mereka terlebih dahulu untuk melihat review atau ulasan dari tempat tersebut, bayangkan jika usaha anda memiliki ulasan positif, berapa banyak orang yang akan datang. Ulasan yang ditulis oleh pengunjung juga akan membantu anda dalam SEO, contoh ketika banyak orang menulis ulasan “ini adalah resto all you can eat terenak dan termurah” maka ketika orang lain melakukan penelusuran di google dengan kata kunci “all you can eat termurah” maka resto anda secara otomatis akan muncul!

 

Share this post

Tinggalkan Balasan