Bagaimana Cara Menentukan Biaya Iklan di Google?

Bagaimana Cara Menentukan Biaya Iklan di Google?

jasa google adwords murah jasa iklan adword jasa iklan google adwords murah jasa iklan google murah jasa pasang iklan google jasa google ads murah jasa iklan google jasa iklan google adwords jasa iklan google ads jasa google adwords jasa iklan google jakarta jasa adwords murah jasa adwords jasa pasang iklan di google jasa google ads jasa iklan di google jasa iklan google terbaik jasa adwords murah jakarta jasa google murah

Cara menentukan harga iklan Google per bulan dengan menggunakan Google keyword planner.

Komponen terpenting yang wajib ada saat promosi dengan menggunakan Google Adwords adalah keywords (kata kunci). Keywords inilah yang akan menentukan sukses tidaknya iklan dan bisnis Anda. Makin kompetitif keywords yang dipilih, makin tinggi peluang iklan Anda dilirik oleh pengguna internet.

Nah, untuk memastikan Anda sudah memilih kata kunci yang tepat dan relevan dengan kebutuhan bisnis, pastikan Anda menggunakan Google Keyword Planner. Tool gratis ini sangat diperlukan saat akan memasang iklan di Adwords atau untuk keperluan posting di blog dan website.

Pada dasarnya, Google Keyword Planner berguna untuk:

  • Menganalisis pencarian keywords bulanan
  • Melihat tingkat kompetisi keywords (low, high, atau medium)
  • Memberikan saran keywords yang relevan dan paling banyak dicari
  • Menentukan top of page bid (tarif pasang iklan di Adwords)

Bagaimana Menghitung Harga Iklan Google dalam Satu Bulan?

Teknis iklan Google mengenal istilah Bid CPC Maximum, yakni bid yang ditetapkan untuk mengatur berapa jumlah maksimal yang bersedia Anda bayar untuk setiap klik pada iklan. Dengan begitu, CPC (Cost Per Click) tidak akan melebihi batas yang ditentukan.
Sebagai pengiklan, Anda dapat memilih antara bidding manual atau bidding otomatis. Tentunya bid yang lebih tinggi akan membantu iklan tampil di posisi yang lebih tinggi pada hasil pencarian.

Nah, untuk menentukan harga iklan Google per bulannya, gunakan rumus berikut:
Biaya iklan = Jumlah Pencarian x Average Manual Bid x 20%

Contoh:

Jumlah pencarian = 100 klik
Avg. manual bid = Rp20.000
100 x Rp20.000 x 20% = Rp400.000

Dari contoh perhitungan di atas diperoleh hasil harga iklan Google per bulannya adalah sebesar Rp400.000.
Ya, salah satu kelebihan Google Ads adalah setiap pengiklan memiliki kendali penuh untuk menentukan biaya kampanye yang akan dikeluarkan, sehingga tidak sampai melebihi batas anggaran per bulannya. Selain itu, Anda juga bisa menghentikan iklan kapan pun diinginkan.

Kini Anda sudah punya bekal informasi tentang biaya iklan di Google. Selamat memasang iklan pertama Anda dan semoga sukses!

Baca juga artikel lainnya: Manfaat Jasa Iklan Google Ads

Share this post

Leave a Reply