Bagaimana Memasang Google Analytics pada Website?

Memasang google analytics umumnya digunakan untuk menganalisis sebuah traffic website yang kamu miliki. Bagi seseorang yang sedang menjalani sebuah bisnis atau usaha maka data dan statistik sangatlah penting bagi mereka untuk mengembangkan bisnis mereka berdasarkan data yang ada di lapangan.

Sebelum memasang google analytics tentunya kamu harus memiliki sebuah website yang kamu kelola maka untuk memiliki website kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website.

Dengan kamu mengetahui data dan statistik yang ada maka kamu bisa menentukan strategi apa yang cocok untuk mengembangkan usaha atau bisnis kamu kedepannya. Google analytics bisa mengumpulkan data dari para pengunjung website kamu mulai dari jumlah pengunjung, asal lokasi mereka, lama mereka mengakses serta kata kunci apa yang mereka cari.

Walaupun Google Analytics amat sangat penting bagi perkembangan bisnis kamu namun menjadi sia-sia jika ternyata kamu tidak bisa menerapkannya karena belum mengetahui bagaimana cara memasang google analytics pada website, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara mendaftar akun google analytics

  1. Buka laman google analytics lalu klik “sign in to analytics
  2. Masukan email pada laman tersebut dan klik “next
  3. Masukan password email lalu klik “sign in
  4. Klik “sign up” untuk membuat akun analytics
  5. Masukan informasi-informasi seperti halnya nama akun, nama website, URL website, kategori dan zona waktu.
  6. Klik centang semua “data sharing setting” yang google rekomendasikan
  7. Klik “get tracking ID” lalu klik “I accept” pada laman syarat dan layanan

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, kamu akan mendapatkan tracking code google analytics berbentuk JavaScript yang bisa kamu pasang dalam HTML website kamu. Tracking code biasanya diawali dengan UA yang berarti Universal Analytics, kode ini dapat digunakan secara universal pada semua website.

Share this post

Tinggalkan Balasan