Soft Skill Dan Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Orang IT

Skill Penting Untuk Orang IT

Soft Skill Dan Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Orang IT

Era saat ini pekerjaan menjadi seorang Information Technology (IT) menjadi suatu hal yang menjanjikan, semakin berkembang pesat teknologi tentu tenaga kerja yang dibutuhkan tidak sedikit. Karena hal itulah banyak yang mencoba peruntukan untuk menjadi seorang IT, baik melalui jalur akademis maupun otodidak.

Untuk menjadi seorang IT memiliki keterampilan teknis yang kuat sangatlah penting, namun seorang IT juga perlu memiliki soft skill. Seorang IT yang profesional harus bisa berinteraksi dengan orang lain, baik dengan tim maupun dalam mengelola sebuah proyek.

Tidak hanya soft skill yang diperlukan seorang IT disaat anda memulai untuk mempelajari pemograman tentu anda tidak ingin menyia-nyiakan waktu. Untuk belajar sebuah pemograman anda perlu membuat keputusan yang benar agar apa yang anda lakukan berjalan dengan mulus, mudah, dan secepat mungkin. Anda dapat mempelajarinya dalam artikel ini apa saja soft skill dan hal yang perlu diketahui sebelum menjadi orang IT.

 

1. Untuk Soft Skill Yang Harus Dimikili Seorang Information Technology (IT)

Orang IT Handal

Mempunyai keterampilan yang baik tidak cukup anda juga perlu memiliki soft skill karena jika anda bekerja dengan seseorang, orang tersebut akan mengevaluasi bagaimana keterampilan hybrid kombinasi yaitu teknis dan non teknis.

  • Komunikasi

Komunikasi sangatlah penting bagaimana anda mejelaskan ide-ide anda dengan baik jika anda tidak mampu menjelaskannya dengan benar. Komunikasi yang anda butuhkan tidak hanya tertulis, anda juga perlu memiliki komunikasi lisan dan kolaborasi.

  • Kreatifitas

Seorang profesional TI mampu melihat masa depan, mengantisipasi, mengembangkan solusi untuk masalah dan kebutuhan teknologi potensial. Cara itu bisa didapatkan jika anda memiliki kreatifitas, perusahaan juga akan mencari anda jika anda memiliki solusi yang unik. Untuk memiliki kreativitas ini anda perlu berimajinasi berpikir ke depan, menyelesaikan masalah, memiliki strategi, memiliki pikiran yang terbuka, dan dapat menganalisa keadaan.

  • Penentuan

Tidak berbeda dengan bisnis lainnya,  bidang Information Technology juga dapat berhenti karena berbagai masalah seperti masalah keuangan, masalah dengan vendor, masalah dengan perangkat lunak atau keras, bahkan kurangnya kerja dalam tim juga menjadi salah satu dari banyaknya masalah lainnya. Untuk menjalankan sebuah proyek anda harus terjadwal dengan anggaran yang jelas dan realistis sehingga tujuan anda akan tercapai. Untuk itu anda perlu memikirkan hal-hal seperti ketahanan, manajemen proyek, manajemen stres, sensitivitas problem, brainstorming, penyelesaian masalah, restrukturisasi, hingga peningkatas proses.

  • Fleksibilitas

Menjadi profesional IT artinya anda harus menjadi fleksibel untuk menghadapi kemunduran atau perubahan yang tidak terduga akibat masalah teknis dengan proyek hingga masalah dadakan dengan vendor. Anda harus terbuka untuk menghadapi saran dan umpan balik, baik dari tim maupun klien anda. Untuk itu anda perlu belajar dengan cepat, bisa beradaptasi, memiliki ketahanan, dapat memprioritaskan, mampu berpikir cepat dan bisa memberikan perhatian terhadap detail-detail penting atau tidak penting.

  • Kepemimpinan

Walaupun anda tidak berada dalam posisi manajemen anda juga perlu memiliki jiwa kepemimpinan, untuk mengelola proyek atau bekerja sama dengan tim. Disaat anda menjadi seorang profesional IT mungkin anda akan diberikan tugas untuk manajemen klien atau vendor, jadi penting untuk anda mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan klien dan vendor untuk memastikan kebutuhan anda maupun perusahaan secara efesien. Hal yang perlu anda perhatikan adalah manajemen proyek, membangun tim, kolaborasi, pengambilan keputusan, mentoring, mendorong, integritas.

  • Negotiation

Tidak perduli anda siapa, anda perlu memiliki ketrampilan untuk bernegosiasi. Mulai dari perektrutan hingga berkolaborasi dengan vendor atau kontraktor saat anda menjual ide anda ke dalam sebuah organisasi. Untuk mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak anda memerlukan soft skill yang hebat dan menonjol jika anda ingin sukses di bidang ini.

  • Presentasi

Walaupun ide anda bagus sangat disayangkan jika anda tidak mampu mempresentasikannya dengan baik, karena tidak ada yang paham atau menghargai presentasi anda . mengembangkan kemampuan anda untuk didekati, komunikasi verbal, dan kreatifitas anda dalam mempresentasikan ide anda, tentu akan membuat semuanya berjalan dengan mulus. Saat anda melakukan presentasi anda harus menarik, berbicara dengan intonasi yang benar, memiliki humor, dan menjual.

 

2. Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjadi Seorang Information Technologi (IT)

Disaat anda memutuskan untuk menjadi seorang Information Tecnology anda perlu memikirkan beberapa hal yaitu:

  • Sadar bahwa menjadi seorang information techologi tidak mudah.
  • Anda pelu menemukan dan menentukan sumber motivasi anda.
  • Anda perlu menentukan tujuan anda dari awal untuk menjadi seorang information technology
  • Disaat anda ingin menjadi seorang information technology, anda perlu mengetahui hal-hal dasar baik dibidang anda maupun program yang akan anda gunakan.
  • Anda perlu mempelajari apa saja dasar dari ilmu komputer. Bagaimana anda bisa menjadi seorang IT jika anda tidak bisa menyalakan salah satu dari komponennya.
  • Anda perlu memiliki ekspektasi yang realistis.
  • Jika anda yakin menjadi information technology, anda harus membangun proyek yang bermakna.
  • Anda harus memiliki tekad dan kesabaran. Karena kesabaran adalah hal yang menyeimbangkan ambisi dan tekad anda.
  • Fokuskan apa yang ingin anda perjuangkan dan pertahankan.
  • Jika anda ingin menjadi information technology anda harus mulai dari sekarang. Karena sebagian orang memerlukan waktu yang cukup lama hingga bertahun-tahun untuk belajar.

Untuk menjadi seseorang yang profesional tidak cukup hanya memiliki satu kemampuan, seorang profesional memiliki berbagai macam softskil untuk membranding dirinya. Akan tetapi untuk menjadi information technology (IT) tidaklah mudah jika anda benar-benar sorang pemula yang mempelajarinya sendiri. Secara keseluruhan mempelajari hal dibidang ini memang menarik, sering sekali menemui kesulitan, tetapi juga sering sekali bermanfaat hingga sangat dibutuhkan. Untuk anda yang baru pemula atau telah menjadi seorang profesional, jangan pernah berhenti untuk belajar. Karena bekal dan ilmu IT ini bisa menjadi peluang bisnis mulai dari jasa pembuatan website, digital marketing dan yang lainnya.

 

Share this post

Leave a Reply