Apakah Google Adwords Cocok Untuk Sumber Traffic Bisnis Anda?

Apakah Google Adwords Cocok Untuk Sumber Traffic Bisnis Anda?

Buat Anda yang saat ini ingin melakukan peralihan sumber traffic atau pengunjung dari facebook ads ke google adwords atau Anda yang ingin melipatgandakan traffic facebook ads dan google ads, artikel ini cocok untuk Anda baca sampai selesai. Artikel ini tidak cocok bagi Anda yang tidak mau pusing dengan urusan sumber traffic. Solusinya Anda bisa gunakan jasa adwords kami.

Mungkin saat ini di benak Anda bertanya “Apakah google adwords cocok untuk sumber traffic bisnis Anda?” saya akan bantu memberikan solusi terkait pertanyaan tersebut melalui artikel ini. Menurut saya pribadi, google adwords dapat membantu model bisnis seperti b to b atau business to business dan b to c atau business to customer. Karena kita sadari platform google menjadi platform favorit bagi orang Indonesia dalam mencari sebuah informasi. Baik informasi yang bersifat edukasi maupun mengenai produk atau jasa.

Sebelumnya saya pernah bertemu atau meeting dengan salah satu owner dari alona.id dan dropshiperaja.com yaitu rico huang. Dari percakapan kami, saya bisa menyimpulkan bahwa rico membutuhkan bantuan saya untuk melipatgandakan traffic. Karena sebelumnya traffic rico huang paling banyak dihabiskan di facebook ads. Oleh karena itu, google adwords biasanya digunakan sebagai opsi sumber traffic untuk melipatkan gandakan sumber traffic Anda atau peralihan dari facebook ads ke google adwords.

Untuk mengetahui potensi pasar di google, Anda bisa melakukan riset kata kunci atau keyword menggunakan google keyword planner atau ubersuggest. Ini hal yang biasa saya lakukan ketika ingin membantu client di Adconomic. Saya pelajari terlebih dahulu produk atau jasanya. Setelah itu, saya melakukan riset pasar menggunakan tool google keyword planner atau ubersuggest. Untuk saya pribadi, kedua tool ini sangat membantu saya dalam melakukan riset pasar. Tidak perlu tool yang berbayar cukup menggunakan tool yang sudah saya sebutkan tadi. Karena insight data yang Anda akan dapatkan lebih banyak ketiga Anda sudah menjalankan iklan dari google adwords. Anda akan mempelajari pola berfikir calon customer Anda dalam mencari sebuah informasi produk atau jasa Anda.

untuk meningkatkan sales atau penjualan di bisnis Anda menggunakan google adwords, Anda harus menemukan kata kunci yang memiliki konversi yang tinggi. Bagaimana Anda mengetahui kata kunci tersebut dapat mendatangkan konversi yang tinggi ke bisnis Anda? Biasanya saya menyebutkan money keyword. Apa itu money keyword? Money keyword adalah kata kunci yang berfokus pada penjualan. Bagaimana contoh dari money keyword? Berikut saya berikan contoh-contohnya dibawah ini. Saya asumsikan misalnya Anda menjual produk kanopi kaca. Maka prioritas kata kunci yang harus Anda gunakan sebagai berikut :

  • Jual kanopi kaca
  • Jual kanopi kaca di jakarta
  • Jual kanopi kaca murah
  • Jual kanopi kaca termurah

Jadi Anda dapat membuat kombinasi money keyword seperti contoh kata kunci diatas. Dari mulai kata jual, menyebutkan kota dll. Dengan begitu Anda berfokus pada konversi penjualan produk Anda. selain itu, Saya biasanya menggunakan exact keyword. Dalam periklanan google adwords, exact keyword adalah kata kunci yang berfokus terhadap kata kunci itu sendiri. Artinya kata kuncinya bukan broad. Biasanya menggunakan tanda kutip “” agar iklan Anda tidak melebar kemana-mana. Jika Anda mengiklankan dengan kata kunci broad maka pada saat Anda cek di search term kata kuncinya akan broad. Beda hal ketika kasusnya biaya iklan Anda tidak terbatas, boleh-boleh saja Anda menggunakan kata kunci broad. Untuk melakukan riset kata kunci. Biasanya saya menggunakan dua tool saja. Apa itu? Ubersuggest dan keyword planner bawaan dari google adwords. Sejauh ini kedua tool tersebut dapat membantu saya untuk mengoptimalkan kata kunci yang ingin saya bidik

Setelah Anda memahami cara riset pasar dengan kata kunci google adwords, Anda juga bisa menggunakan google display network atau GDN untuk membantu produk atau jasa Anda lebih terkenal. Istilahnya meningkatkan brand awareness terhadap produk atau jasa Anda. google display network akan membantu Anda mendapatkan customer baru melalui format iklan video atau banner. Saran saya kombinasikan google search ads dan google display network untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda. jika Anda telah berhasil menguasai google search ads maka Anda bisa mencoba GDN atau google display network untuk menjangkau customer Anda lebih banyak di google.

Oia, kalo biasanya Anda beriklan di sosial media bisa menggunakan fanspage facebook dan instagram saja. Tapi jika Anda beriklan di google adwords, Anda wajib memiliki website untuk di iklankan di google. Jika saat ini Anda belum memiliki domain untuk website Anda. Anda bisa kunjungi penjualan domain kami dengan cara klik disini. Kami juga menyediakan hosting dengan berbagai macam pilihan untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembuatan website. Kalau Anda tidak membuat website bagaimana? Anda bisa melakukan order sekarang di jasa pembuatan website yang kami sediakan.

Jadi setelah Anda memiliki website, Anda sudah bisa mulai melakukan iklan di google adwords. Menurut saya kini jauh lebih enak Anda terbiasa menggunakan website untuk melakukan periklanan di platform periklanan apapun. Karena selain meningkatkan sales atau penjualan. Website juga membantu meningkatkan trust di mata customer Anda.

Ketika Anda memiliki website, Anda juga bisa mempelajari ilmu search engine optimization untuk memenangkan persaingan agar website Anda di halaman satu google. Jadi sebenernya sumber traffic bukan hanya dari iklan saja seperti facebook ads, instagram ads atau google ads. Anda bisa memanfaatkan SEO atau search engine optimization atau youtube untuk meningkatkan konversi penjualan ke toko online Anda. mungkin di pembahasan lain saya akan coba artikel khusu yang pembahasannya mengenai SEO.

Back to point, jadi apakah sumber traffic google adwords cocok untuk bisnis Anda? Saya rasa sekarang Anda bisa menjawab pertanyaan ini setelah membaca penjelasan saya di paragraf atas.  Tapi untuk saya pribadi apapun bisnisnya akan cocok jika ingin dipasarkan produk atau jasanya menggunakan google adwords. Dengan catatan tujuan atau goal dari beriklan bukan hanya mengarah pada penjualan atau konversi produk atau jasa. Misalnya Anda ingin membrandingkan produk atau jasa Anda sangat bisa menggunakan google adwords. Ini hal yang menarik yang bisa Anda pelajari melalui online course atau mencari informasi melalui artikel-artikel atau konten youtube gratis. Karena saya melihat banyak sekali sekarang yang membahas juga mengenai google adwords. Tinggal bagaimana Anda memilah informasi untuk membantu bisnis Anda berkembang.


Oke, saya kira cukup penjelasan saya mengenai mengenai google adwords. Saya akan menceritakan hal-hal menarik selanjutnya melalui website Adconomic.com. Jadi bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan, jangan lupa untuk selalu mengunjungi website kami. Semoga penjelasan saya dapat Anda pahami. 

Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

Share this post

Leave a Reply