Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Google Adwords

Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Google Adwords

Mungkin Anda sudah mencari kesana kemari artikel untuk membantu Anda meningkatkan penjualan dengan google adwords. Pada artikel ini saya akan kupas tuntas bagaimana cara saya menggunakan google adwords hingga akhirnya memutuskan membuka jasa adwords untuk membantu klien-klien kami dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa.

Sebelum bercerita jauh mengenai google adwords, biasanya yang saya lakukan riset produk atau jasa apa yang client tawarkan ke orang lain? Saya mempelajari secara detail perihal product knowledge dari produk atau jasa yang ditawarkan. Jika saat ini Anda sudah habis-habisan beriklan di google adwords tapi belum mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa jadi bukan karena iklan Anda tidak bagus. Bisa jadi karena produk Anda belum dibutuhkan atau belum menjadi solusi bagi orang-orang yang mencarinya. Oleh karena itu, Anda coba terlebih dahulu buat point per point keunggulan dari produk atau jasa Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda. saya akan memberikan contohnya seperti dibawah ini :

Buat point per point keunggulan produk atau jasa Anda. dengan begitu Anda akan lebih yakin untuk menjual produk atau jasa Anda.

Offer atau penawaran. Bagaimana Anda mengemas sebuah produk atau jasa menjadi menarik? Sehingga membuat calon customer Anda tertarik membeli produk atau jasa Anda. penawaran yang Anda buat bisa berupa beli dua gratis satu, free ongkir, diskon, gratis konsultasi atau yang lainnya. Pokoknya buat semenarik mungkin. Kalo produk Anda sebelumnya telah dibuat oleh kompetitor maka Anda harus menjadi yang berbeda. Tidak perlu pakai offer yang sama walaupun produknya sama. Anda juga bisa memberikan offer atau penawaran kepada agen atau reseller. Jika Anda tidak perlu target langsung ke end user. Jadi ada berbagai cara untuk membuat sebuah penawaran sehingga produk Anda jadi lebih terlihat menarik di mata pelanggan Anda.

Setelah Anda menemukan keunggulan produk dan offer yang menarik. Langkah selanjutnya Anda melakukan riset. Perbanyak riset kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa Anda. saya biasa menggunakan ubersuggest dan keyword planner untuk mengetahui seberapa besar volume pencarian kata kunci yang sedang saya bidik. Kita buat contoh kasus sederhana. Misalnya saya ingin memasarkan jasa adwords di google. Maka langkah yang saya lakukan meriset kata kunci untuk mengetahui seberapa banyak orang mencari jasa saya. Berikut detail screenshot tool yang saya gunakan.

Setelah saya melakukan riset di ubersuggest, barulah saya mengetahui seberapa banyak pencarian jasa adwords di google. Jika Anda menggunakan tool keyword planner bawaan dari google adwords maka hasil datanya lokasi bisa jauh lebih detail. Misalnya saya ingin tau seberapa banyak pencarian jasa adwords di kota jakarta? Berikut hasil data dari google keyword planner dibawah ini :

Sekarang bisa Anda lihat perbedaan dari kedua tool tersebut? Ubersuggest bisa Anda gunakan jika target kata kunci Anda adalah negara. Sedangkan google keyword planner Anda bisa lebih detail ke kota-kota yang ingin Anda targetkan.

untuk optimasi google search ads, jangan lupa setiap harinya Anda perlu melakukan pengecekan di negatif keyword pada akun google adwords Anda. fungsi dari negatif keyword di google adwords adalah untuk memblok keyword-keyword yang tidak relevan. Jadi pada saat calon pelanggan Anda mengetikkan kata kunci yang tidak relevan dengan produk atau jasa Anda maka iklan Anda tidak akan muncul dengan begitu Anda menghemat lebih banyak anggaran iklan Anda. dengan hanya memfokuskan keyword-keyword yang Anda bidik.

untuk meningkatkan penjualan menggunakan google adwords, Anda harus membidik kata kunci yang memiliki konversi yang tinggi. Biasanya saya menyebutkan money keyword. Bagaimana contoh dari money keyword? Berikut saya berikan contoh-contohnya dibawah ini. Saya asumsikan misalnya Anda menjual produk skincare. Produk spesifik skincarenya misalnya tamanu oil. Maka prioritas kata kunci yang harus Anda gunakan sebagai berikut :

  • Jual mobil avanza 2020
  • Jual mobil avanza murah
  • Jual mobil avanza termurah
  • Jual mobil avanza di jakarta
  • Jual mobil avanza jakarta

Jadi Anda dapat membuat kombinasi money keyword seperti contoh kata kunci diatas. Dari mulai kata jual, sebutuhkan kota dll. Saya biasanya menggunakan exact keyword menggunakan tanda kutip “” agar iklan Anda tidak melebar kemana-mana. Jika Anda mengiklankan dengan kata kunci broad maka pada saat Anda cek di search term kata kuncinya akan broad. Beda hal ketika kasusnya biaya iklan Anda tidak terbatas, boleh-boleh saja Anda menggunakan kata kunci broad. Untuk melakukan riset kata kunci. Biasanya saya menggunakan dua tool saja. Apa itu? Ubersuggest dan keyword planner bawaan dari google adwords. Sejauh ini kedua tool tersebut dapat membantu saya untuk mengoptimalkan kata kunci yang ingin saya bidik.

Selain itu Anda memanfaatkan iklan google search, Anda bisa juga memanfaatkan google display network untuk mengiklankan produk atau jasa Anda di google. Untuk contoh iklan google display network, iklan Anda akan tampil dengan format iklan yang variatif. Jadi Anda tidak hanya bisa menampilkan iklan dalam format text saja. Tapi Anda juga bisa mengiklankan dengan format image atau video ads. Karena iklan Anda akan ditampilkan di channel-channel partner dari google adwords. Selain itu, Iklan Anda bisa ditampilkan di channel youtube. Biasanya google display network saya gunakan ketika melakukan remarketing kepada pengunjung website Adconomic.com. Remarketing adalah proses dimana saya menargetkan iklan kepada orang-orang yang telah berkunjung ke website adconomic.com sebelumnya. Sehingga menjadi sebuah sinyal mengingat bahwa orang tersebut sebelumnya pernah mengunjungi halaman di website adconomic tapi belum melakukan sebuah action seperti kontak ke WA atau memasukkan data di form. 

Kombinasikan google search ads dan google display network untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda. jika saat ini Anda telah beriklan menggunakan google search ads. Anda bisa kombinasikan iklan Anda dengan google display network atau bisa saya menyingkatnya dengan GDN. GDN dapat membantu Anda untuk target ulang audience yang telah mengunjungi website Anda atau telah melakukan action di website Anda seperti button click, purchase dll. Format iklan GDN biasanya berupa video atau sebuah banner. Oleh karena itu, Anda siapkan dulu video atau banner yang dapat di iklankan di periklanan google.

Dari semua cara di atas, yang paling terpenting adalah konsisten Anda dalam beriklan. Pengalaman saya membuka jasa adwords. Banyak sekali pemilik bisnis tumbang menggunakan google adwords karena ketidaksabaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Saya menyebutnya “learning curve” kita butuh proses untuk mengetahui lebih lanjut dan trial error iklan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, kesabaran Anda dalam eksekusi iklan sangat dibutuhkan. Oke. setelah Anda membaca artikel ini. Saya harapkan Anda mulai praktek step by step dari cara yang telah saya informasikan melalui artikel ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

 

Share this post

Leave a Reply