Bagaimana Memenangkan Persaingan Di Google Adwords?

Bagaimana Memenangkan Persaingan Di Google Adwords?

Mungkin saat ini Anda telah menggunakan google adwords untuk mengiklankan bisnis Anda. apakah hasilnya sudah maksimal? Jika belum, Anda bisa simak tips yang akan saya berikan melalui artikel ini. Atau Anda juga dapat menggunakan jasa adwords yang dapat membantu bisnis Anda dalam beriklan di google.

Pertanyaan template yang sering ditanyakan pada saat saya membuka kelas google adwords adalah bagaimana memenangkan persaingan di google adwords? Kalo saya rangkumkan dengan jelas step by stepnya maka berikut langkah yang bisa Anda terapkan ketika menggunakan google adwords.

Langkah pertama, Analisa website Anda terlebih dahulu. Hal apa saja yang perlu Anda analisa di website Anda? Pertama Anda cek apakah penawaran Anda sudah menarik? dan sesuai dengan target market yang Anda bidik? Jika Anda sudah melakukan riset penawaran kompetitor Anda sehingga Anda sudah yakin betul bahwa penawaran Anda terbaik. Maka lanjut analisa fitur website. Jika Anda saat ini menggunakan wordpress, periksa semua plugin-plugin yang Anda gunakan. Apakah sudah berfungsi dengan baik? Apakah Anda sudah melakukan update plugin di website Anda? Hal mendasar yang Anda kerjakan akan mempengaruhi hasil. Setelah fitur website sudah Anda cek, selanjutnya Anda bisa melakukan pengecekan dari kecepatan website Anda. Anda bisa melakukan pengecekan kecepatan website Anda dengan menggunakan tool dibawah ini :

Pastikan kecepatan website Anda minimal di angka 3 detik. Itu standar di Adconomic.com. Jika memang Anda telah sampai di kecepatan 3 detik maka calon pelanggan Anda akan dengan mudah mengunjungi situs website Anda.

Langkah kedua, Pastikan website Anda telah terkoneksi dengan google analytics. Dengan begitu, Anda dapat menarik data yang Anda butuhkan pada saat beriklan di google. Anda dapat mengetahui kunjungan atau visitor di website Anda, Anda dapat mengetahui sumber traffic apa yang menghasilkan lebih banyak konversi ke bisnis Anda? Sebenarnya banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah mengkoneksikan website Anda dengan google analytics. Koneksikan website Anda dengan google analytics sekarang dengan cara klik disini.

Langkah ketiga, untuk memenangkan persaingan google adwords, Anda harus membidik kata kunci yang memiliki konversi yang tinggi. Biasanya saya menyebutkan money keyword. Bagaimana contoh dari money keyword? Berikut saya berikan contoh-contohnya dibawah ini. Saya asumsikan misalnya Anda menjual produk skincare. Produk spesifik skincarenya misalnya tamanu oil. Maka prioritas kata kunci yang harus Anda gunakan sebagai berikut :

  • Jual tamanu oil
  • Jual tamanu oil murah
  • Jual tamanu oil termurah
  • Jual tamanu oil di jakarta
  • Jual tamanu oil jakarta

Jadi Anda dapat membuat kombinasi money keyword seperti contoh kata kunci diatas. Dari mulai kata jual, sebutuhkan kota dll. Saya biasanya menggunakan exact keyword menggunakan tanda kutip “” agar iklan Anda tidak melebar kemana-mana. Jika Anda mengiklankan dengan kata kunci broad maka pada saat Anda cek di search term kata kuncinya akan broad. Beda hal ketika kasusnya biaya iklan Anda tidak terbatas, boleh-boleh saja Anda menggunakan kata kunci broad. Untuk melakukan riset kata kunci. Biasanya saya menggunakan dua tool saja. Apa itu? Ubersuggest dan keyword planner bawaan dari google adwords. Sejauh ini kedua tool tersebut dapat membantu saya untuk mengoptimalkan kata kunci yang ingin saya bidik.

Langkah keempat, untuk optimasi google search ads, jangan lupa setiap harinya Anda melakukan pengecekan di negatif keyword pada akun google adwords Anda. fungsi dari negatif keyword di google adwords adalah untuk memblok keyword-keyword yang tidak relevan. Jadi pada saat calon pelanggan Anda mengetikkan kata kunci yang tidak relevan dengan produk atau jasa Anda maka iklan Anda tidak akan muncul dengan begitu Anda menghemat lebih banyak anggaran iklan Anda. dengan hanya memfokuskan keyword-keyword yang Anda bidik.

Langkah kelima, setelah dari sisi negatif keyword telah Anda optimasi langkah selanjutnya Anda melakukan optimasi dari sisi angle text ads di google adwords. Kalo di facebook ads mungkin Anda familiar dengan istilah angle iklan. Biasanya saya membuat text ads lebih dari 1. Bisa 2 atau 3 text ads yang saya lakukan untuk testing. Karena pada dasarnya Anda tidak perlu repot-repot membuat desain terlebih dahulu untuk split testing angle iklankan? Cukup Anda meluangkan waktu memikirkan ide untuk membuat text ads yang berbeda-beda.

Langkah keenam, jika saat ini biaya iklan Anda tidak terlalu besar. Tidak terlalu besar yang saya maksud misalnya per bulan Anda hanya mampu beriklan dengan biaya 5 juta. Maka Anda cukup memfokuskan money keyword agar membantu Anda memposting penjualan Anda lebih cepat. Jika Anda membuat kombinasi exact dan broad maka yang terjadi biaya iklan Anda tidak maksimal. Biaya iklan Anda akan habis di kata kunci yang broad. Ini masalah yang sering saya jumpai di kelas google ads course. Fokuskan saja biaya iklan Anda ke kata kunci yang memang benar-benar calon pelanggan Anda cari. Maka biaya iklan Anda akan lebih optimal.

Langkah ketujuh, perhatikan iklan kompetitor Anda. offer apa yang mereka tawarkan? Bagaimana mereka membuat artikel? Berapa harga yang ditawarkan? Keseluruhannya Anda bisa langsung pelajari di websitenya. Anda cukup menggunakan ubersuggest saja maka Anda akan bisa menganalisa kompetitor Anda. 

Langkah kedelapan, tingkatkan testimoni pelanggan Anda di website. Jika produk atau jasa Anda telah dibeli oleh customer maka jangan lupa untuk meminta review di google business Anda. dengan begitu rating google business Anda meningkat. Google business dapat meningkatkan trust di mata google itu sendiri. Karena hasil review-review yang bagus meningkatkan social proof dimata calon pelanggan Anda.

Langkah kesembilan, Kombinasikan iklan Anda. jika saat ini Anda telah beriklan menggunakan google search ads. Anda bisa kombinasikan iklan Anda dengan google display network atau bisa saya menyingkatnya dengan GDN. GDN dapat membantu Anda untuk target ulang audience yang telah mengunjungi website Anda atau telah melakukan action di website Anda seperti button click, purchase dll. Format iklan GDN biasanya berupa video atau sebuah banner. Oleh karena itu, Anda siapkan dulu video atau banner yang dapat di iklankan di periklanan google.

Langkah kesepuluh, saya biasanya menyebut dengan istilah “kepung pasar”. Jika biaya iklan Anda memang cukup besar. Saran saya Anda buat website lebih dari satu. Misalnya Anda buat website sebanyak 30. Dari 30 website Anda dapat iklankan semuanya websitenya atau 20 saja. Ini semua kembali ke strategi marketing Anda. dengan cara seperti ini, artinya Anda kepung pasar agar pelanggan Anda membeli dari keseluruhan website yang Anda iklankan. Cara ini cukup efektif dan saya telah mengujinya dengan mengiklankan website-website yang telah dibuat. Berani mencobanya?

Saya kira cukup dulu untuk 10 langkah yang saya berikan untuk membantu Anda memenangkan persaingan google adwords. Jika Anda memiliki cara lain dan telah Anda uji, bisa Anda sharing pengalaman melalui kolom komentar dibawah ini. 

Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

Share this post

Leave a Reply