Apa Manfaat Google Adwords?

Apa Manfaat Google Adwords?

Sebelum Anda menggunakan jasa digital marketing agency kami atau jasa adwords dari Adconomic.com. Sebaiknya Anda memahami manfaat yang diberikan oleh google adwords untuk memajukan atau scaleup bisnis Anda hingga milyaran.

Di tahun pertama dan kedua, saya sebagai co-founder Adconomic.com terjun langsung hingga sekarang untuk mengedukasi pengusaha seperti Anda baik UKM maupun perusahaan mengenai manfaat dari google adwords. Tujuannya adalah agar setelah iklan client kami di adconomic tidak merasa dirugikan atau kecewa. Karena kami tidak ingin memberikan ekspektasi yang terlalu berlebihan di client kami.

Saya telah menggunakan google adwords kurang lebih 2 tahun selama menjalankan bisnis di Adconomic.com. Dari pengalaman-pengalaman saya, saya akan memberikan insight atau pengetahuan kepada Anda mengenai manfaat google adwords. Saya merasakan lebih banyak manfaat yang diberikan dari google adwords dibandingkan periklanan sosial media seperti facebook dan instagram. Tapi pada artikel ini saya tidak membahas perbedaan periklanan di google dengan sosial media seperti facebook dan instagram. Anda dapat melihat pembahasan mengenai perbedaan google adwords dengan periklanan sosial media dengan cara klik disini.

Saya membahas dari AIDA model terlebih dahulu. Anda bisa melihat pada gambar dibawah ini.

Menurut saya pribadi, dengan Anda menggunakan google adwords, Anda telah membypass point satu dan dua pada gambar diatas yaitu attention dan interest. Karena pada dasarnya calon customer yang melakukan search produk atau jasa di google memang telah membutuhkan produk atau jasa yang sedang dicarinya melalui mesin pencari google. Dengan begitu memudahkan Anda lebih cepat closing atau terjadi pembelian melalui google adwords. Ya dengan catatan iklan Anda harus masuk halaman satu google.

Point kedua, saya merasakan biaya google adwords lebih adil. Karena Anda dikenakan biaya apabila terjadi click. Dalam istilah internet marketing disebut cost per click ( CPC ). Anda hanya mengeluarkan biaya jika terjadi klik di iklan Anda. menurut saya pribadi sangat menghemat biaya marketing Anda. tapi semua tergantung dari objective iklan Anda. jika Anda iklannya berfokus pada konversi maka google akan mengenakan biaya atas terjadinya konversi pada iklan Anda.

Point ketiga, saya merasakan sangat disupport oleh team google. Selama saya menjalankan kampanye google adwords. Jika terjadi kendala iklan maka pihak google sangat membantu saya dalam memberikan solusi atas masalah-masalah ikan khususnya klien di Adconomic.com. Dengan begitu, team Adconomic.com tidak perlu pusing-pusing mencari-cari letak kesalahan dari iklan itu sendiri. Kendala-kendala yang sering hadapi dalam periklanan google seperti website klien kami terkena malware maka iklan diberhentikan. Selain itu, text ads melanggar kebijakan dari pihak periklanan google sehingga iklan diberhentikan. Semua pesan errornya cukup jelas jadi memudahkan kami dalam menghandle setiap klien iklan google di Adconomic.com.

Point keempat, google adwords dapat membantu Anda menampilkan iklan-iklan Anda di channel partnership google. Anda dapat menampilkan iklan Anda seperti di detik.com, okezone.com termasuk youtube. karena google telah melakukan kerjasama dengan media-media yang ada di Indonesia sehingga memudahkan Anda untuk menampilkan iklan Anda di channel partnership dari google adwords.

Point kelima, Anda dapat menghubungkan akun google adwords Anda dengan google analytics. Jika Anda belum tau google analytics, Anda bisa membaca artikelnya dengan cara klik disini. Jika saat ini website Anda belum terhubung dengan google analytics, saran saya setelah membaca artikel ini langsung hubungkanlah website Anda dengan google analytics. Agar Anda dapat mengetahui jumlah kunjungan website Anda, Lead website Anda hingga purchase atau penjualan yang terjadi di website Anda. Anda dapat melakukan tracking apapun yang Anda inginkan dengan google analytics.

Point keenam, Saya merasa sekarang banyak internet marketer berbicara tentang google adwords sehingga memudahkan Anda dalam mempelajari periklanan dari google. Karena semakin banyak yang sharing mengenai google adwords maka memudahkan Anda dalam menduplikasi ilmu yang telah orang lain lakukan sebelum Anda. yang terpenting adalah jangan pernah berhenti belajar dan hilangkan rasa malas Anda agar bisnis Anda dapat berkembang.

Point ketujuh, Jika saat ini Anda tidak ingin banting-bantingan harga di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, lazada dll. Anda dapat memulai memasarkan produk atau jasa Anda dengan google adwords. Karena dengan begitu Anda membangun peluang baru dengan memasarkan produk atau jasa Anda di google adwords. Jika Anda hanya memanfaatkan marketplace tentu Anda akan terjebak dengan banting-bantingan harga di marketplace. Semua kembali ke pilihan Anda. Anda lebih nyaman banting-bantingan harga atau membangun kolom sendiri agar brand Anda tidak banting-bantingan harga?

Point kedelapan, untuk pembayaran google adwords menurut saya mudah. Anda cukup memiliki kartu jenius dan memiliki NPWP maka Anda sudah bisa menjalankan iklan di google. Dari segi pembayarannya sendiri sudah memudahkan Anda untuk beriklan. Ya tapi Anda akan dikenakan pajak sebesar 10% dari total biaya iklan Anda. buat saya tidak menjadi masalah. Karena jika profit dari produk atau jasa Anda sudah mampu menutupi biaya dari pajak dan biaya iklan tidak perlu memusingkan hal seperti itu. Karena tujuan dari beriklan itu sendiri adalah mendapatkan customer baru atau membangun brand awareness atas produk atau jasa dari bisnis Anda.

Point kesembilan, tampilan dari google adwords menurut saya user friendly. Semua kalangan dapat menggunakannya jika memang mau mempelajarinya. Kalo saya bedah secara sederhana mencangkup kampanye iklan, ad group dan ad set. Hanya tiga point tersebut. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat pada gambar dibawah ini :

Mudah bukan? Anda cukup mempelajari lebih lanjut cara memetakan kata kunci ketika melakukan iklan pertama kali di google.

Point kesepuluh, Saya melihat periklanan di google memang sangat cocok untuk market dengan bisnis model b2b atau business to business. Kenapa begitu? Jika Anda menjual barang-barang yang nilainya jutaan seperti kanopi kaca, digital printing dll sangatlah cocok untuk beriklan di google. Bagaimana dengan bisnis yang lain? Semua kembali lagi harus riset market di google. Biasanya saya melakukan riset market menggunakan dua tool andalan saya. Antara menggunakan ubersuggest atau keyword planner bawaan dari google itu sendiri.

Point kesebelas, sebelum saya memahami google adwords, saya mempelajari dulu mengenai website. Karena tahapan untuk sampai Anda beriklan di google adalah Anda harus memiliki website. Dengan begitu, google mengajarkan Anda untuk memiliki aset digital seperti website. Jangan hanya memanfaatkan sosial media seperti fanspage facebook dan instagram. Bangun website Anda sekarang juga dengan menggunakan jasa kami klik disini.

Dari poin pertama sampai point kesebelas adalah pendapat saya. Jika Anda memiliki pendapat lain atau ingin menambahkan silahkan di kolom komentar ya. Karena saya terbuka untuk diskusi lebih lanjut mengenai manfaat dari google adwords. Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

Share this post

Leave a Reply