Kenapa Anda harus Menggunakan Google Adwords?

Kenapa Anda harus Menggunakan Google Adwords?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda kenapa Anda harus beriklan di google dibandingkan media buying lainnya maka saya membuat artikel ini secara khusus. Jika saat ini Anda sedang mencari jasa adwords, kami dapat membantu Anda kapanpun. 

Media buying yang paling umum digunakan oleh pebisnis online seperti Anda khususnya di Indonesia adalah facebook dan instagram ads & google adwords. Hal yang paling mendasar saya menyarankan Anda beriklan di google adalah karena dari segi tingkah laku market. Google digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan oleh calon pelanggan Anda. Selain itu, google memudahkan Anda untuk mengejar konversi penjualan bisnis Anda. Karena pada kenyataannya tingkah laku calon customer ketika mencari sebuah produk atau jasa langsung mengetikkan kata kunci di google. Dengan begitu produk atau jasa Anda ditemukan di google.

Pada artikel ini mungkin saya akan memberikan beberapa poin secara lengkap kenapa Anda harus beriklan di google. Poin pertama adalah kemudahan dalam masalah pembayaran. Anda cukup menggunakan kartu jenius yang bisa Anda bikin di mall-mall terdekat rumah Anda lalu koneksikan dengan akun google Anda. Dengan begitu Anda bisa langsung mulai menggunakan google adwords.

Poin kedua adalah tampilan dashboard google adwords. Buat saya pribadi, ui/ux dari dashboard google adwords memudahkan saya dalam analisa iklan yang sedang berjalan. Karena struktur tampilan iklannya pun mudah dipahami. Anda bisa belajar dengan melihat gambar dibawah ini :

Sangat mudah bukan? Ya. Saya yakin Anda tidak perlu waktu berbulan-bulan untuk membiasakan diri dengan tampilan dashboard google adwords. Karena menurut saya easy to use.

Poin ketiga adalah kemudahan dalam mencari kata kunci yang tepat untuk produk atau jasa Anda. Anda bisa gunakan tool-tool yang sudah disediakan oleh google adwords dengan menggunakan keyword planner. Berikut tampilan keyword planner

Biasanya jika Anda belum pernah beriklan di google adwords, maka tampilan volume pencariannya ada tanda – atau artinya di antara.  Missal anda melakukan riset untuk membuka jasa adwords Maka google adwords akan memberikan data berupa angka seperti 1000-1600 volume pencarian. Kenapa begitu? Ya karena ketika Anda belum pernah beriklan di google. beda hal ketika Anda sudah pernah beriklan di google. maka data yang diberikan google akan akurat seperti volume pencarian 1600. Jangan khawatir, karena Anda bisa menggunakan tool ubersuggest untuk memudahkan Anda meriset market Anda di google. Kekurangan dari tool ubersuggest adalah Anda tidak bisa melakukan riset secara spesifik kota yang ingin Anda targetkan. Karena ubersuggest hanya memberikan gambaran secara general target berdasarkan Negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dll. Anda bisa melihat tool ubersuggest melalui link dibawah ini :

Jika saat ini Anda ingin menggunakan tool ubersuggest, Anda bisa langsung klik disini. Maka Anda akan masuk ke halaman ubersuggest. Saya biasanya menggunakan ubersuggest bukan hanya riset kata kunci saja. Tapi banyak hal yang bisa Anda dapatkan hanya melalui tool tersebut. Mungkin saya akan bahas dilain waktu terkait tool ubersuggest.

Point keempat, menurut saya pribadi, google memudahkan Anda mendatangkan calon customer dibandingkan sumber traffic lainnya. Loh kok bisa? Bagaimana caranya? Mungkin itu pertanyaan yang Anda di benak Anda saat ini. Begini-begini, untuk lebih cepat dapat calon customer di google gunakan kata kunci “money keyword” itu istilah yang saya gunakan untuk memudahkan Anda mencerna tulisan ini. Money keyword artinya kata kunci yang fokus pada penjualan. Contohnya? Jika Anda berjualan produk Anda bisa gunakan kata kunci sebagai berikut :

  • Jual nama produk
  • Jual murah nama produk
  • Jual nama produk di nama kota

Dengan Anda memfokuskan menggunakan kata kunci diatas, saya sangat yakin memudahkan Anda lebih cepat untuk mendatangkan calon customer ke bisnis Anda. Tapi balik lagi, apakah volume pencariannya besar? Jika tidak ya Anda harus berpikir strategi lain. Untuk kata kunci jasa pun Anda bisa terapkan hal yang sama. Sebagai berikut :

  • Jasa  x
  • Jasa x di nama kota
  • Jasa x murah

Begitulah pola kata kunci yang bisa Anda terapkan di google adwords jika memang Anda ingin lebih cepat mendatangkan calon customer ke bisnis Anda.

Point kelima, saya merasakan support google jauh lebih baik jika dibandingkan dengan media buying lainnya. Setiap bulan saya selalu mendapatkan email support dari team google strategi untuk membantu saya melakukan optimasi client di Adconomic.com. Anda juga bisa mendapatkan bantuan dengan melakukan telp ke call center dari google langsung. Mereka akan siap merespon Anda. Jadi saya merasa tidak ada kesulitan selama menggunakan google adwords.

Poin keenam, dengan beriklan di google, Anda dapat menjangkau calon customer bukan hanya di Indonesia saya tapi seluruh dunia. Mindset ini yang akhir-akhir ini saya tanamkan ke dalam diri saya sendiri. Terkadang kita memiliki mental block bahwa jualan hanya di Indonesia saja. Padahal Anda bisa menjual barang di berbagai belahan dunia ini. Inilah hal yang paling saya suka. Menantang saya untuk terus bertumbuh dan bertumbuh. Bukan berarti tidak bersyukur. Tapi brand-brand di Indonesia saya yakin bisa global dengan memanfaatkan sumber traffic hanya dari google saja.

Point ketujuh, forum-forum mengenai google adwords banyak dikalangan internet marketing indonesia. Jadi ketika Anda mengalami masalah mengenai iklan di google. Anda bisa join di group group facebook yang pembahasannya seputar google adwords. Ya mungkin karena traffic di google sudah banyak internet marketer Indonesia gunakan.

Point Kedelapan, jika saat ini Anda menggunakan hanya traffic dari seo ( search engine optimization ), saya sangat yakin Anda kewalahan dari sisi optimasi jika Anda belum memiliki team. Oleh karena itu, saya menyarankan Anda bukan hanya memanfaatkan satu traffic saja dari seo tapi Anda juga harus memanfaatkan google adwords untuk meningkatkan calon pelanggan di bisnis Anda. karena saya yakin, jika seo dan google adwords dikombinasikan maka hasilnya akan maksimal dibandingkan Anda hanya memanfaatkan seo saja.

Poin kesembilan, untuk biaya iklan menurut saya jauh lebih efektif dibandingkan Anda beriklan di sosial media. Kenapa? Anda dikenakan biaya atas terjadinya click saja. Dengan catatan jika iklan Anda cpc ( cost per click ). Menurut saya, dengan gaya periklanan seperti ini, Anda tidak boros biaya marketing. Selain itu, biaya yang Anda keluarkan sangat tertarget untuk calon customer yang benar-benar mencari produk atau jasa Anda di google.

Poin kesepuluh atau point terakhir, jika Anda menargetkan untuk mencari agen atau reseller atau dropshipper. Google adwords juga salah satu media buying yang membantu Anda. karena google itu sendiri sangat cocok untuk bisnis model b2b atau business to business. Lebih banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan periklanan google. Tapi tidak menutup kemungkinan jika Anda sebagai UKM ingin menggunakan google adwords untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. semua kembali lagi bagaimana Anda melakukan riset pasar di google. Kalo memang ada pasarnya di google, saya sangat menyarankan Anda mencoba google adwords. 

Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

 

 

Share this post

Leave a Reply