Bagaimana Cara Kerja Google Adwords?

Bagaimana Cara Kerja Google Adwords?

Sebelum Anda menggunakan google adwords untuk membantu mempromosikan produk atau jasa Anda. ada baiknya Anda mempelajari bagaimana cara kerja google adwords? Jika Anda menggunakan jasa adwords di kami. Anda pun harus mengetahuinya. Agar Anda memiliki pengetahuan dasar perihal google adwords.

Sebelum saya masuk ke pembahasan mengenai bagaimana cara kerja google adwords, saya ingin menjelaskan paling dasar mengenai google adwords. Google adwords adalah pemasaran online berupa sebuah platform periklanan yang sediakan atau dibuat oleh pihak google untuk membantu pebisnis online seperti Anda memasarkan produk atau jasa di google. Jadi tugas Anda saat ini bagaimana memanfaatkan secara maksimal google adwords untuk meningkatkan omset penjualan bisnis Ada.

Manfaat  yang Anda dapatkan selain dapat memasarkan produk atau jasa Anda di google. Anda dapat meningkatkan pengunjung website Anda. karena secara sederhana, untuk meningkatkan sales di bisnis Anda. Anda membutuhkan sebuah traffic atau pengunjung ke website Anda. dari pengunjung atau traffic akan dikonversi menjadi lead atau calon prospek ke bisnis online Anda. setelah itu tinggal bagaimana team sales Anda mengkonversi dari calon prospek menjadi pelanggan Anda.

Masuk pembahasan ke cara kerja google adwords. Menurut pendapat saya, cara kerja google adwords adalah mempertemukan iklan dengan audience atau orang yang mencari produk atau jasa Anda. tentunya Anda juga melakukan hal yang sama seperti ketika Anda ingin mengetahui suatu produk atau jasa. Maka langkah yang biasa Anda lakukan pasti mencari informasinya di youtube ataupun google. Setelah itu Anda akan dipertemukan iklan-iklan yang relevan dengan hasil pencarian Anda. begitulah sederhananya cara kerja google adwords.

Iklan Anda akan ditemukan berdasarkan kata kunci yang Anda bidik. Oleh karena itu, sebelum Anda menggunakan google adwords, Anda wajib mencari kata kunci produk atau jasa Anda. saya biasa menggunakan ubersuggest dan keyword planner untuk mengetahui seberapa besar volume pencarian kata kunci yang sedang saya bidik. Kita buat contoh kasus sederhana. Misalnya saya ingin memasarkan jasa adwords. Maka langkah yang saya lakukan meriset kata kunci untuk mengetahui seberapa banyak orang mencari jasa saya. Berikut detail screenshot tool yang saya gunakan.

Setelah saya melakukan riset di ubersuggest, barulah saya mengetahui seberapa banyak pencarian jasa adwords di google. Jika Anda menggunakan tool keyword planner bawaan dari google adwords maka hasil datanya lokasi bisa jauh lebih detail. Misalnya saya ingin tau seberapa banyak pencarian jasa adwords di kota jakarta? Berikut hasil data dari google keyword planner dibawah ini :

Sekarang bisa Anda lihat perbedaan dari kedua tool tersebut? Ubersuggest bisa Anda gunakan jika target kata kunci Anda adalah negara. Sedangkan google keyword planner Anda bisa lebih detail ke kota-kota yang ingin Anda targetkan.

Untuk contoh iklan google display network, iklan Anda akan tampil dengan format iklan yang variatif. Jadi Anda tidak hanya bisa menampilkan iklan dalam format text saja. Tapi Anda juga bisa mengiklankan dengan format image atau video ads. Karena iklan Anda akan ditampilkan di channel-channel partner dari google adwords. Selain itu, Iklan Anda bisa ditampilkan di channel youtube. Biasanya google display network saya gunakan ketika melakukan remarketing kepada pengunjung website Adconomic.com. Remarketing adalah proses dimana saya menargetkan iklan kepada orang-orang yang telah berkunjung ke website adconomic.com sebelumnya. Sehingga menjadi sebuah sinyal mengingat bahwa orang tersebut sebelumnya pernah mengunjungi halaman di website adconomic tapi belum melakukan sebuah action seperti kontak ke WA atau memasukkan data di form. Berikut saya berikan contoh jenis-jenis iklan dari google display network.

Image result for google display network

 

Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

Share this post

Leave a Reply