Apa Bedanya SEO Dan Google Adwords?

Apa Bedanya SEO Dan Google Adwords?

Secara fungsi, SEO atau search engine optimization dan google adwords memiliki fungsi yang sama yaitu meningkatkan traffic ke bisnis online Anda. namun apa yang membedakan dari kedua traffic tersebut? Mari kita bahas secara detail melalui artikel ini. Sebelumnya jika saat ini Anda mencari jasa adwords maka Anda bisa klik disini

Saya akan membahas dari istilah dari kedua traffic tersebut. SEO atau search engine optimization biasanya digunakan untuk meningkatkan traffic ke bisnis online Anda tanpa membayar ke pihak google untuk beriklan. Sedangkan google adwords adalah Anda membayar google agar website Anda ditampilkan di halaman satu google. 

Apakah SEO atau search engine optimization tidak berbayar? Ya, tidak berbayar ke google. Tapi Anda tetap harus menginvestasikan waktu dan biaya Anda untuk keperluan website Anda. seperti membeli domain, hosting, plugin yang mendukung SEO website Anda, backlink website dan SDM ( sumber daya manusia ) yang membantu Anda dalam mengerjakan konten SEO serta optimasinya.

Untuk google adwords, Anda menginvestasikan uang Anda di periklanan google. Dengan begitu google akan membantu Anda menampilkan iklan Anda sesuai keinginan Anda. Mana yang lebih saya suka? Apakah google adwords atau SEO? 

Saya lebih memilih mengerjakan keduanya. Kenapa? Menurut saya pribadi, google adwords untuk permainan jangka pendek saja ketika saya butuh hasil yang cepat. Sedangkan SEO untuk permainan jangka panjang ketika saya sudah ingin berhenti beriklan. Dengan konsistensi saya dalam terus optimasi SEO maka saya akan mendapatkan hasilnya. Saya telah melakukan kegiatan SEO pada kata kunci “jasa konten instagram” saat ini website kami ada di halaman satu google. Anda bisa melakukan cek sekarang.

Dari sisi permainan, SEO lebih pegel dibandingkan dengan google adwords. Kenapa? Karena Anda harus melakukan riset kata kunci, mengoptimalkan meta title, meta description, membuat artikel, melakukan internal link dan eksternal link dan masih banyak tekniknya lagi. Jika Anda tipikal yang suka ngulik maka SEO cocok untuk Anda. tapi jika Anda tipikal orang yang ga mau ribet maka Google Adwords menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. bagaimana jika Anda hanya ingin fokus mengurusi bisnis Anda? Maka Anda bisa menggunakan jasa adwords. Kami akan membantu mencapai tujuan marketing Anda. Anda cukup fokus ke bisnis Anda maka kami yang akan optimasi google adwords Anda.

Kapan waktu yang tepat menggunakan SEO dan kapan waktu yang tepat menggunakan google adwords? Jika saat ini biaya marketing Anda pas-pasan. Menurut saya, Anda bisa memulai optimasi website Anda dengan menggunakan SEO. agar website Anda tetap mendapatkan kunjungi dari SEO. karena SEO memang membutuhkan effort lebih untuk optimasi sehingga cocok untuk Anda yang ingin meluangkan lebih banyak waktu dibandingkan investasi uang Anda untuk beriklan.

Beda kasus jika Anda memiliki biaya marketing yang berlebih. Maka saya menyarankan menggunakan kedua traffic tersebut untuk meningkatkan traffic ke website Anda. anda bisa langsung menggunakan google adwords untuk membidik kata kunci yang sesuai dengan produk atau jasa Anda.

Untuk melakukan riset kata kunci, Anda bisa menggunakan tool ubersuggest atau keyword planner.  Berikut detail screenshot tool yang saya gunakan.

Setelah saya melakukan riset di ubersuggest, barulah saya mengetahui seberapa banyak pencarian jasa adwords di google. Jika Anda menggunakan tool keyword planner bawaan dari google adwords maka hasil datanya lokasi bisa jauh lebih detail. Misalnya saya ingin tau seberapa banyak pencarian jasa adwords di kota jakarta? Berikut hasil data dari google keyword planner dibawah ini :

Sekarang bisa Anda lihat perbedaan dari kedua tool tersebut? Ubersuggest bisa Anda gunakan jika target kata kunci Anda adalah negara. Sedangkan google keyword planner Anda bisa lebih detail ke kota-kota yang ingin Anda targetkan.

Bagaiman perbedaan antara google adwords dan seo? Salah satu contoh jika Anda beriklan menggunakan google adword sebagai berikut :

 

Ketika Anda berikan di google maka iklan Anda akan bertuliskan “ad”. Anda bisa lihat contoh lebih jelasnya pada gambar diatas. Bagaimana jika Anda tidak beriklan di google? Berikut kami berikan contohnya melalui gambar dibawah ini :

Sudah terlebih jelas perbedaannya? Itulah salah satu yang membedakan jika Anda menggunakan google adwords untuk memasarkan produk atau jasa Anda di google.

Kesimpulan dari saya adalah untuk nilai investasinya menurut saya sama saja. Karena jika Anda menggunakan google adwords maka Anda menginvestasikan uang Anda pada iklan dan SDM jika Anda tidak mau iklan sendirian. Anda tetap harus menghire google advertiser atau menggunakan pihak ketiga seperti jasa adwords. Sedangkan SEO, investasi Anda lebih banyak di SDM, TOOL dan yang lainnya. 

Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

Share this post

Leave a Reply