Apa Bedanya Google Adwords Dengan Sosial Media?

Apa Bedanya Google Adwords Dengan Sosial Media?

Saya ingin menceritakan pengalaman saya menggunakan kedua platform periklanan terbesar di Indonesia yaitu google adwords dan sosial media ads seperti facebook dan instagram ads. Karena saya telah lebih dari 4 tahun menggunakan google adwords dan facebook ads. sampai akhirnya saya membuka jasa adwords dan jasa facebook ads.

Google adwords dominan digunakan bagi Anda yang memiliki bisnis model b to b atau business to business. Sedangkan sosial media ads seperti facebook dan instagram dominan digunakan untuk Anda yang bermain di market retail. Seperti produk fashion, skincare dll. Tidak menutup kemungkinan jika Anda yang bermain retail ingin menggunakan google adwords. Karena selama hasil pencariannya memang banyak ya minimal 1000 pencarian kata kunci. Anda bisa memulai mengiklankan produk atau jasa Anda di google. Begitupun sebaliknya.

Hal yang paling saya suka dari google adwords adalah customer support yang lebih baik dibandingkan pihak dari facebook ads. Karena mengetahui kesalahan saya dalam beriklan informasinya lebih jelas dibandingkan pihak dari facebook itu sendiri. Apakah Anda yang sudah beriklan di google adwords dan facebook ads merasakan hal yang sama? Jika iya silahkan isi di kolom komentar ya.

Kalo dari segi struktur iklan, dashboard google adwords dan facebook ads menurut saya tidak terlalu rumit. Tapi selama saya buka workshop google ads, saya mendapatkan inputan dashboard google lebih rumit bagi pemain facebook advertiser. Tidak demikian dengan saya. Saya merasa semuanya mudah saja digunakan. Berikut gambar perbandingan struktur google adwords dibandingkan facebook ads.

Facebook Ads Structure

Google Adwords Struktur

Setelah Anda melihat gambar di atas sekarang sudah Ada bayangan perbedaan dari struktur google adwords dan facebook ads? Itulah perbedaan struktur google adwords dan facebook ads.

Untuk sisi pembayaran, google adwords menurut saya memang lebih butuh data kartu pembayaran dan npwp dibandingkan facebook ads. Anda harus memasukkan kartu pembayaran dan npwp. Pajak dari google adwords dikenakan sebesar 10% dari biaya iklan Anda. sedangkan facebook saya tidak terlalu memperhatikan secara detail. Mungkin Anda yang mengetahui perihal pajak dari facebook ads bisa berpendapat di kolom komentar.

Untuk sisi optimasi iklan, jika Anda beriklan di facebook ads. Konten iklan Anda yang sangat penting. Saya tidak merasa pixel itu penting. Karena ya pada saat iklan Anda kena banned dan buat ad account baru lagi. Konten Anda yang lebih berperan penting untuk menghasilkan lead dibandingkan pixel facebook Anda. sedangkan dari sisi google adwords, Anda berfokus pada optimasi kata kunci jika iklan Anda memang google search ads. Anda harus menemukan kata kunci yang tepat terhadap produk atau jasa Anda. jangan melupakan negatif keyword dan search terms yang terdapat di google adwords. Karena dengan menggunakan negative keyword artinya Anda tidak mengundang yang bukan target market Anda. sedangkan search term digunakan agar Anda tahu apakah selama ini yang mengetikkan kata kunci related dengan kata kunci yang Anda iklankan? Jika tidak sesuai maka ada yang salah dengan kata kunci Anda.

Untuk sisi kacamata UKM, saya merasa google adwords lebih cocok digunakan untuk UKM dibandingkan facebook ads. Kenapa? Karena google adwords membantu Anda untuk mengakuisisi calon pelanggan lebih cepat dibandingkan facebook ads. Di google adwords, jika biaya iklan Anda terbatas, Anda cukup fokus terhadap kata kunci yang mendatangkan income kepada bisnis Anda. seperti kata kunci jual jika Anda jualan Produk dan menggunakan kata kunci jasa jika memang Anda berjualan sebuah jasa. Contoh sebagai berikut :

  • Jasa pembuatan website
  • Jasa google adwords
  • Jual produk x
  • Jual produk x murah

Jika biaya iklan Anda terbatas, Anda tidak bisa mencoba berbagai macam angle iklan di facebook ads. Sementara itu hanya baru di fase testing iklan belum sampai fase scaleup. Di fase scaleup tentunya Anda butuh biaya iklan lagi untuk spending.

Untuk sisi teknologi, google adwords memiliki objective iklan google display network yang dimana iklan Anda akan tampil di channel-channel yang bekerjasama dengan periklanan google. Apalagi jika iklan Anda ikut tayang di youtubenya google. Lebih powerful menurut saya. Ya saya tau facebook ads pun memiliki channel-channel yang bekerjasama dengan facebook. Tapi saya merasa konversi yang datang lebih banyak dari facebook dan instagram itu sendiri dibandingkan channel partner dari facebook.

Untuk sisi perilaku calon customer, jika Anda perhatikan pengguna facebook dan instagram lebih mementingkan “konten hiburan” ya karena sosial media memang ruang komunikasi dan bergaya untuk sharing konten. Karena pada dasarnya ketika membuka aplikasi facebook dan instagram lebih banyak orang untuk mencari hiburan. Ketika lagi macet di jalan, buka instagram atau facebook untuk mencari hiburan. Ketika jam istirahat kantor butuh hiburan buka instagram dan facebook. Bagaimana dengan google? Google digunakan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Seperti spesifikasi mobil, lokasi sebuah tempat dan informasi-informasi lainnya. Oleh karena itu tingkat closing di google lebih cepat dibandingkan di sosial media. Kecuali konten iklan Anda menarik bagi pengguna facebook dan instagram. Oleh karena itu, ketika Anda beriklan di facebook. Jangan membuat konten yang membosankan bagi pengguna facebook dan instagram. Agar iklan Anda menarik di mata calon pelanggan Anda.

Untuk sisi komunitas, facebook dan instagram paling cocok jika Anda ingin membangun komunitas untuk bisnis Anda. karena iklan Anda bisa diarahkan ke facebook group. Facebook group salah satu fitur yang membantu Anda menampung member bisnis Anda. jika di google, Anda harus membuat website atau blog terlebih dahulu untuk menampung komunitas bisnis Anda. tapi yang paling umum, lebih banyak bisnis owner membangun komunitas dengan facebook group dibandingkan dari website.

Untuk sisi personal touch, saya menyebutnya personal touch artinya jika Anda ingin membangun pertemanan dengan orang-orang yang memiliki hobi atau interest yang sama dengan Anda. Anda dapat membangunnya menggunakan facebook ads. Anda bisa membranding diri Anda untuk membangun followers di akun instagram Anda. hal yang paling saya suka dari personal touch adalah Anda tidak perlu capek-capek jualan lagi karena audience Anda sudah lebih dulu tau Anda melalui konten-konten yang Anda buat. Sedangkan google ya Anda harus masuk forum-forum web yang related dengan kesukaan Anda.

Mungkin segitu dulu yang bisa saya bagikan kepada Anda. saya menyarankan jika Anda memiliki biaya lebih maka gunakanlah kedua traffic google adwords dan facebook ads. Agar Anda kebanjiran lead dari kedua traffic source tersebut. Jika Anda memiliki pendapat lain atau ada tambahan silahkan isi di kolom komentar ya. Artikel ini dibuat hanyalah berdasarkan pengamatan saya pribadi. Terima kasih telah membaca artikel sampai selesai. Saya akan terus konsisten untuk membuat artikel artikel terbaru ya.

Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

Share this post

Leave a Reply