Berapa Biaya Memulai Iklan Di Google Adwords?

Berapa Biaya Memulai Iklan Di Google Adwords?

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang berapa biaya untuk memulai iklan di google adwords? Pada saat Anda menggunakan jasa adwords, Anda akan mendapatkan rekomendasi biaya iklan dari digital agency. Mungkin Anda meragukan atau bertanya-tanya apakah biaya yang direkomendasikan sudah sesuai atau belum jika Anda beriklan di google? Mari kita bahas dalam artikel ini.

Untuk melakukan kalkulasi dalam periklanan google adwords, Anda akan diberikan estimasi budget iklan saja. Dengan catatan jika Anda menggunakan jasa adwords. Karena ukuran biaya iklan apapun itu selain google adwords, semua tergantung kesanggupan Anda dalam mengakuisisi pelanggan baru ke bisnis Anda. misalnya sebuah agency menawarkan Anda dengan biaya iklan Rp 100.000.000. Apakah ini mahal? Ya belum tentu. Karena walaupun biaya iklannya Rp 100.000.000 tapi dapat menghasilkan profit Rp 200.000.000 maka Anda tetap untung. Saya suka melakukan riset kecil-kecilan di digital marketing agency lain. Anda yang menawarkan biaya iklan murah misalnya Rp 1.000.000 atau Rp 2.000.000 untuk 1 bulan Anda beriklan di google. Karena Anda melihat biayanya tersebut murah bukan berarti jasa yang Anda pilih itu bagus. 

Apakah ukuran keberhasilan iklan bergantung dari biaya iklan Anda? Bisa menjawabnya? Kalo saya bisa mengatakan iya. Apakah Anda pernah bertemu dengan teman Anda atau komunitas yang biaya iklannya sebesar Rp 2.000.000 tapi dapat menghasilkan konsisten profit bersih selama satu tahun sebesar Rp 500.000.000. Sangat jarang bukan? Walaupun memang Anda mungkin dibantu oleh sumber traffic lain seperti facebook ads, instagram ads, marketplace atau SEO.

Saya mulai menemukan korelasinya. Jika Anda memang berani untuk menghabiskan biaya iklan Anda secara besar. Ya katakanlah ratusan juta. Maka potensi omset Anda miliaran itu sangat mungkin. Karena semua platform periklanan mencari untuk dari hasil apa yang Anda iklankan. Jadi hilangkan pemikiran bahwa iklan itu mahal. Justru mindset Anda perlu diubah. Iklan itu tidak mahal selama Anda dapat untung dari apa yang sudah Anda iklankan. 

Anda dalam satu bulan menghabiskan biaya iklan sebesar Rp 500.000.000. Setelah akhir bulan, ternyata Anda mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 900.000.000. Maka iklan yang Rp 500.000.00 akan terlihat kecil atau tidak besar. Jadi semua tergantung bagaimana mindset Anda sekarang. Untuk beriklan, Anda harus memiliki mindset willing to spend atau rela dalam menghabiskan biaya iklan ketika iklan Anda tidak menghasilkan profit. Tapi jika di bedah lagi. Misalnya Anda beriklan menghabiskan Rp 5.000.000 per bulan. Anda mendapatkan Rp 2.000.000 per bulan maka total kerugian Anda di bulan pertama Rp 3.000.000 per bulan. Jika di bulan kedua customer Anda beli lagi dan lagi. Maka kerugian yang Rp 3.000.000 akan tertutupi dengan retention atau customer lifetime value. Asik bukan? Mungkin di pembahasan lain saya akan membahas mengenai customer lifetime value.

Setidaknya Anda dapat break even saja dalam beriklan sudah alhamdulillah banget apalagi profit. Yang terpenting Anda konsisten mengalokasikan biaya iklan Anda setiap bulannya dibandingkan Anda membiayakan iklan di bulan pertama cukup besar tapi di bulan berikutnya Anda sudah tidak beriklan lagi. Karena kehabisan cash flow. Di tahun pertama Adconomic.com. Saya membiasakan mengalokasikan biaya iklan per bulan sebesar Rp 5.000.000. Mau untung atau rugi ya saya harus mampu investasikan biaya iklan segitu. Karena saya yakin dengan konsisten maka hasilnya akan maksimal. Pada saat sekarang di tahun ketiga berjalan, saya mulai merasakan hasil dari konsisten tersebut. Yang tadinya biaya iklan hanya Rp 5.000.000. Sekarang dapat lebih dari segitu.

Konsistensi dalam beriklan mempengaruhi tingkat orderan di bisnis Anda. percaya atau tidak Anda bisa rasakan sendiri jika Anda sudah melakukannya selama satu tahun. Karena dengan Anda konsisten dalam beriklan dan apa yang sudah Anda iklankan tepat ke calon pelanggan Anda. mereka ( calon pelanggan ) Anda akan menjadi customer yang loyal. Di titik inilah yang banyak diharapkan pebisnis online seperti Anda.

Alokasi biaya iklan terdiri dari biaya split testing atau biaya scaleup. Saran saya, ketika Anda ingin melakukan split testing, gunakanlah dulu dana di bisnis Anda secara konsisten. Lakukan tersebut menerus sampai akhirnya Anda menemukan winning campaign. Karena ketika Anda telah menemukan winning campaign. Akan memudahkan Anda dalam memperbesar biaya iklannya.

Bagaimana caranya memperbesar biaya iklan Anda? Pertama, Anda bisa putar cash flow pemasukkan atau penjualan produk atau jasa Anda untuk beriklan kembali. Jadi investasikan keuntungan Anda terlebih dahulu untuk memperbesar biaya iklan Anda. agar untuk Anda semakin besar. Tantangannya adalah apakah Anda sabar untuk menginvestasikan kembali profit Anda ke iklan? 

Selain itu, jika Anda tidak memiliki cukup modal untuk scale up iklan Anda. Anda bisa mencari investor untuk melakukan top up di iklan Anda yang telah winning. Anda harus mampu memproyeksikan berapa biaya iklan yang Anda butuhkan dan berapa banyak produk atau jasa yang akan terjual? Dengan begitulah Anda dapat meyakinkan investor untuk top up saldo iklan agar membantu Anda membesarkan jangkauan iklan Anda. banyak sekali cara yang saya temukan setelah memahami kalo biaya iklan ga sepenuhnya harus milik duit perusahaan. Ketika Anda tidak memiliki cukup dana, Anda bisa tawarkan kerabat atau orang yang menurut Anda dapat menginvestasikan uangnya ke iklan yang sudah winning. Menarik bukan caranya?

Mulai sekarang bangunlah network atau hubungan dengan orang-orang yang sekiranya dapat membantu Anda dalam scale up bisnis Anda. bukan berarti Anda memilih-milih pertemanan. Yang pastinya Anda membangun sebuah network yang dimana dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. karena di dalam bisnis, bisnis urusannya bukan hanya iklan saja. Anda juga harus mampu menjalin hubungan baik dengan sesama pengusaha yang Anda kenal. Agar saling bantu membantu dalam bisnis. Istilah zaman sekarang itu kolaborasi bisnis. Hehehe saya merasakan banyak manfaat ketika membuka diri untuk membangun inner circle. Di dalam lingkungan yang saling support akan mempercepat pencapaian Anda dalam mencapai goal atau tujuan Anda. kalo iklan Anda sering boncos dan Anda belum tahu bagaimana solusinya? Cobalah tutup laptop Anda dan mulai membangun pertemanan diluar sana. Karena solusi terkadang gak selalu datang di depan laptop. Saya merasakan solusi bisnis itu datang ketika ngopi sama teman sesama pengusaha. Jadi banyak ide-ide liar yang muncul ketika Anda menghabiskan waktu bersama teman-teman Anda. apakah Anda pernah mengalami hal yang sama? Jika iya, selama Anda satu vibrasi dengan saya. Hehehe

Okelah sekarang Anda bisa mulai mempraktekkan semua cara yang saya jelaskan melalui artikel ini. Semoga memudahkan Anda dalam menentukan biaya iklan dan tentunya membuat iklan Anda lebih untung. Jika saat ini Anda membutuhkan jasa adwords maka Anda bisa menghubungi kami sekarang. Kami akan membantu evaluasi keseluruhan marketing Anda. dari mulai website Anda, menentukan biaya iklan, pembuatan akun iklan hingga optimasi iklan sehingga iklan Anda dapat profit.

Untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan google adwords Anda bisa melihat dibawah ini :

Share this post

Leave a Reply